Gak Perlu Olahraga, Ini 4 Cara Alami Hilangkan Perut Buncit

Ilustrasi perut ramping.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Lemak di perut seringkali menganggu penampilan. Bahkan, lemak tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti jantung. Sayangnya, lemak di area tersebut sangat sulit dihilangkan meski sudah rutin menjalani berbagai jenis olahraga.

Ada beberapa jenis olahraga yang memang menargetkan untuk mengikis lemak di perut, tetapi itu butuh kerja keras dan waktu yang cukup lama. Penyebab dari perut buncit sendiri sebenarnya sangat beragam, termasuk makanan. 

Seringkali banyak orang hanya fokus pada jenis makanannya dan jarang memperhatikan proses mengolahnya. Berkaitan dengan itu, untuk bisa membasmi perut buncit, berikut empat cara mengolah makanan yang perlu dihilangkan dari menu sehari-hari, dikutip dari laman The Health Site, Kamis 12 Desember 2019.

Hindari bumbu instan

Di zaman yang serba mudah ini, banyak bumbu masakan yang juga mempermudah proses membuat makanan seperti saus sambal dan tomat, bumbu instan untuk menggoreng, hingga bumbu jadi untuk penyedap rasa. Kalori dari bumbu instan ini sangat tinggi dan memicu perut membuncit. Maka dari itu, ganti bumbu instan dengan bumbu tradisional seperti bawang putih, merah, jahe dan sebagainya.

Ganti gula dengan pemanis alami

Gula bisa berisiko terhadap kesehatan gigi maupun memicu perut buncit. Nah, jika di bumbu masakan sudah menggunakan gula, untuk camilan atau makanan ringan lainnya coba menambahkan pemanis alami seperti madu dan sirup maple.

Buat infused water

Jika terbiasa dengan rasa buah dari jus buah atau minuman instan lainnya, coba pikirkan kandungan gula berlebih di dalamnya. Ini membuat tubuh mendapat asupan berlebih, yang memicu perut membuncit. Untuk itu, beralihlah pada infused water yang tetap memberi rasa buah alami dan kesegaran khas air mineral tanpa tambahan gula.

Pilih alpukat

Rasa mayonaise yang gurih memang paling pas untuk cocolan makanan atau dioles di roti. Tetapi, kandungan mayo sangat tinggi lemak jahat. Coba ganti dengan alpukat sebagai bahan olesan di atas roti. Rasanya yang gurih alami serta menjadi sumber lemak baik membuat lemak di perut hilang dan mencegahnya balik lagi.