Tips Diet untuk Remaja Supaya Enggak Diserang Anemia

ilustrasi remaja.
Sumber :
  • pexels

VIVA – Masa remaja cenderung membuat banyak perempuan mulai khawatir dengan penampilan tubuhnya. Tak sedikit yang akhirnya melakukan diet ekstrem agar tubuhnya bisa ideal seperti idolanya.

Pola diet yang terlalu ekstrem itu cenderung membuat remaja memilih untuk tak mengonsumsi banyak makanan bergizi sehingga mengakibatkan kesehatannya menurun. Salah satu yang rentan menimpa remaja perempuan akibat pola diet ekstremnya adalah kondisi anemia.

Anemia merupakan kondisi saat tubuh mengalami kekurangan jumlah sel darah merah. Ini memberi dampak tubuhnya kekurangan energi sehingga cenderung mudah kelelahan saat beraktivitas serta sulit konsentrasi saat belajar.

"Melihat hal tersebut, melalui SUN Pitch Competition 2019, SBN Indonesia mengajak UMKM lokal untuk mencari solusi dari permasalahan anemia dan malnutrisi dengan melakukan inovasi desain makanan," ujar Executive Director Indofood and Co-Chair Global Advisory SBN, Axton Salim, dalam temu media di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa 17 Desember 2019.

Di kesempatan yang sama, Guru Besar, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia Prof. dr. Endang L. Achadi, MPH, Dr.PH., mengatakan bahwa remaja perempuan perlu mendapat asupan sayuran hijau dan daging merah sebagai sumber zat besi dalam mencegah anemia.

"Cara memenuhi asupan zat besi bisa diperoleh dari sayuran hijau tua. Namun sumber besi dari sayuran sulit diserap jadi harus dikombinasi dengan sumber heme (hewani) misalnya daging,  unggas," papar Prof Endang.

Beliau melanjutkan, dari data di Indonesia, ibu hamil dengan anemia mencapai 48 persen. Kondisi tersebut rentan alami perdarahan saat persalinan dan berisiko lahirkan bayi stunting. Selain itu, bayi yang lahir dari ibu anemia berisiko alami diabetes, penyakit jantung saat dewasa sehingga hal ini akan menjadi siklus yang membuat generasi baru rentan alami anemia.

"Untuk memutus anemia defisiensi zat besi, disarankan mulai dari usia remaja, perempuan sudah minum tablet penambah darah. Jika ingin diet pastikan diet yang sehat untuk memastikan kecukupan besi dari protein hewani," tegasnya.