Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Sebabkan Penyakit Serius, 5 Hewan Ini Wajib Diwaspadai di Musim Hujan

Senin, 6 Januari 2020 | 15:23 WIB
Foto :
  • www.pixabay.com/PublicDomainPictures
Kecoak

VIVA – Hujan berintensitas tinggi beberapa waktu lalu menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Selain pemukiman dan ruas jalan yang digenangi air, kesehatan yang menurun juga menjadi dampak dari banjir.

Selain karena daya tahan tubuh yang menurun, beberapa hewan kerap muncul saat musim hujan dan memicu penyakit. Saat musim penghujan, banyak sekali ditemui hewan-hewan yang ketika musim kemarau tak muncul atau sangat jarang ditemui. Tapi pada musim penghujan seperti sekarang ini, hewan-hewan tersebut patut diwaspadai lantaran hewan-hewan tersebut dapat menyebabkan penyakit bagi manusia.

Baca Juga

Berikut hewan-hewan yang kerap timbul di musim hujan dan memicu penyakit pascabanjir dituturkan oleh pakar kedokteran komunitas, Dr. dr. Shierley I Moningkey, MKes dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin 6 Januari 2020.

Ular

Venom atau bisa ular bisa memicu bahaya seperti melumpuhkan otot dan memicu sesak nafas. Memasang bidai bisa dilakukan di bagian tubuh yang tergigit ular untuk meminimalisir bisa yang menjalar ke seluruh tubuh. Ingat, jangan pernah kaitkan obat herbal dengan penanganan pada gigitan ular.

"Bisa ular akan pindah ke seluruh tubuh melalui kelenjar getah bening. Bagian tubuh yang kena gigitan, pergerakannya dibatasi dengan pasang bidai untuk kurangi bisa menjalar," ujarnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler