Bahaya Penyakit di Balik Lumpur Sisa Banjir

Sebuah sepeda terendam lumpur akibat banjir bandang di Garut
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Beberapa hari belakangan ini di awal tahun 2020, hujan melanda wilayah Jakarta. Intensitas curah hujan yang cukup tinggi terutama di awal tahun pekan lalu membuat sebagian wilayah di Jakarta terdampak banjir. 

Meski banjir sudah surut, namun wilayah yang berdampak banjir masih menyisakan lumpur dan sampah, hal ini harus diwaspadai karena lumpur dan sampah sisa banjir dapat memicu munculnya penyakit. 

Penyakit penyakit apa sajakah yang dapat menyerang pasca banjir? Dan bagaimana cara mengantisipasinya? Temukan jawabannya siang ini dalam program Ayo Hidup Sehat di TvOne pukul 13.00 bersama DR dr Irsan Hasan, SpPD-KGEH.

Dalam program AHS yang dipandu oleh dr Haekal Anshari,M.Biomed (AAM) dan Intan Saumadina ini juga akan membahas tentang nyeri pinggang. Nyeri pinggang sering dianggap sepele oleh sebagian orang.

Meski tak selalu penyebab nyeri pinggang adalah saraf kejepit, tetap perlu ditemukan penyebabnya. Pasalnya, nyeri pinggang yang tak teratasi bisa mengganggu kualitas hidup. 

Termasuk saat banjir maupun pascabanjir, terkadang masyarakat berusaha mengangkat barang-barang tanpa memikirkan posisi yang baik dan benar saat mengangkat, apa risiko angkat barang jika sembarang posisi? Temukan jawabannya bersama dokter spesialis saraf, 
dr Zicky Yombana, SpS siang ini. Anda juga bisa menyaksikan program AHS melalui laman ini.