Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Penyebab Hujan dan Banjir Paling Rentan Picu Sakit Tifus

Selasa, 7 Januari 2020 | 16:10 WIB
Foto :
  • U-Report
Ilustrasi tifus.

VIVA – Beberapa hari belakangan hujan terus melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya. Intensitas curah hujan yang tinggi pada pekan lalu di saat Tahun Baru pun membuat sebagian wilayah di Jakarta dan wilayah lain terdampak banjir.

Permasalahan lain datang ketika banjir sudah surut di mana lumpur dan sampah berserakan di lingkungan rumah. Hal ini harus diwaspadai karena lumpur dan sampah sisa banjir dapat memicu munculnya penyakit, salah satunya adalah tifus.

Baca Juga

Demam tifoid atau biasa dikenal sebagai tifus adalah penyakit yang bisa menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi (melalui fesesnya). Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi.

"Orang terkena tifus ini biasanya karena menelan kuman bakteri salmonela tiphy, yang mana bakteri menempel di makanan, minuman atau bisa ketika makanan bersih tapi tangan kotor sehingga sebabkan tifus," kata DR. dr. Irsan Hasan, SpPD-KGEH dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa, 7 Januari 2020.

Tifus, lanjut Irsan, tidak nemiliki gejala spesifik. Namun, yang bisa diketahui untuk membedakan demam tifus dengan demam DB adalah waktu terjadinya demam.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler