Alasan Kenapa Susah Banget Kecilin Perut Buncit

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA – Saat bercermin dan melihat penampilan tubuh tampak gemuk dengan perut buncit, seringkali rasa percaya diri langsung luntur. Karena hal tersebut, banyak yang berusaha untuk mengubah penampilan, menyulap perut buncit jadi rata.

Untuk mengelabui banyak orang, korset sering kali digunakan. Tapi, hal itu tentu menyiksa. Karena ini mewujudkan keinginan punya perut rata, cara lain juga sering dilakukan. Mulai dari diet hingga olahraga.

Namun, pernahkah sadar kalau mengecilkan perut yang buncit bukanlah perkara yang mudah. Mengecilkan perut menjadi hal yang paling susah? Mengapa demikian? dr Sophia Hage, SpKO dalam program Hidup Sehat menyetujui pendapat tersebut.

Mengecilkan perut menjadi salah satu yang sulit dilakukan, karena berdasarkan jenisnya, lemak terdapat dua jenis yakni sel lemak a dan sel lemak b. Yang mana, kata dia sel lemak a lebih mudah dikecilkan dibandingkan dengan sel lemak b yang salah satunya ada di bagian perut.

"Sel lemak a lebih gampang berkurang, sel lemak a ini biasanya ada di pipi, lengan. Jadi kalau olahraga lemak di pipi dan lengan lebih cepat menyusut karena olahraga. Sedangkan lemak sel yang biasanya ada di perut, di punggung lebih sulit dan butuh effort besar," kata dr Sophia.

dr Sophia melanjutkan, tidak heran jika ketika sudah berolahraga dan mengatur pola makan tidak sedikit dari kita masih belum bisa mengecilkan perut. Perlu latihan olahraga bukan hanya yang berfokus pada perut saja.

"Perut buncit banyak faktor, jadi sebeneranya untuk mengecilkan perut perlu latihan tidak yang hanya di bagian perut tapi ada kombinasi olahraga seperti kardio dan strength, serta atur konsumsi makanan," jelas dia.

Dia juga tidak menyarankan para pelaku diet untuk tidak makan demi mengecilkan perut yang buncit. Sebab kata dia, itu bisa berdampak pada kondisi kesehatan, yakni bisa menyebabkan maag.