3 Gerakan Sederhana Efektif Bikin Perut Buncit jadi Ramping

Ilustrasi gerakan plank
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Perut buncit tidak hanya merusak penampilan, tapi juga berisiko menimbulkan masalah kesehatan. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengubah pola makan dan rutin berolahraga.
 
Berikut ini beberapa gerakan olahraga yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit yang diberikan oleh Coach Beni Mustofa dalam program Hidup Sehat di tvOne.

Gerakan Frozen V

Untuk gerakan ini, pertama yang dilakukan adalah tidur telentang kemudian angkat lengan dan kaki secara lurus sejajar. Angkat sedikit kepala dan pundak, dan buat perut dalam kondisi kencang. Lakukan gerakan ini selama 1 menit. Gerakan ini berfungsi untuk memperkuat perut, di mana secara otomoatis dapat mengecilkan perut jika dilakukan secara rutin. 

"Tetapi, harus tahu apakah ada permasalahan seperti backpain, jadi bisa diatur tinggi sudut kaki dan tangan. Jangan sampai malah bisa menyebabkan peradangan," kata Beni.

Gerakan bagian samping

Untuk mengecilkan perut bukan hanya berfokus pada lathian di bagian atas perut saja tapi juga di bagian samping kanan, kiri, atas dan bawah. Untuk bagian samping, bisa tidur telentang dengan tangan lurus yang ditaruh di lantai, kemudian miringkan bagian kaki 45 derajat ke bagian sisi kiri, dilanjutkan di sisi kanan selama 30 detik.

Plank

Plank bisa membentuk bahu, lengan, lower back, bokong dan perut. Dalam posisi plank kemudian buka kaki dan gerakkan kaki ke kiri dan kanan. 

"Sebelum melakukan ini awali dengan pemanasan dengan kardio seperti lari, jalan di tempat atau bersepeda selama 15 menit," jelas Beni.