Banjir Rawan Penyakit Menular, Ini 3 Cara Pencegahannya

Ilustrasi Banjir
Sumber :
  • Pixabay/Mansi91

VIVA – Banjir masih menggenangi di sejumlah wilayah di sekitar Jakarta. Beberapa tempat masih belum surut, meski sebagian wilayah sudah terlihat ketinggian air banjir mulai reda.

Banjir dapat dipastikan menyebabkan higienitas lingkungan menjadi buruk. Lingkungan yang banyak genangan air juga menjadi lahan yang baik sebagai perkembangbiakan nyamuk. 

"Kondisi tersebut dapat menyebabkan potensi muntaber, leptospirosis, demam dengue, infeksi saluran pernapasan, dan eczema kulit. Perlu diperhatikan bahwa penyakit tersebut dapat saling menularkan," ujar Kepala IGD RS Awal Bros Bekasi Barat, dr. Vian Setyawan, dalam siaran pers, dikutip Selasa 25 Februari 2020.

Infeksi pencernaan seperti muntaber atau typhoid dapat muncul dari konsumsi makanan atau minuman yang tercemar. Infeksi pernapasan dapat menular dari batuk atau pilek melalui udara. Infeksi dengue dapat menular karena virus dengue dengan mudah tersebar akibat banyaknya nyamuk sebagai sarana pembawa virus tersebut.

Kondisi tersebut jika tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan berbagai dampak kesehatan yang buruk. Seperti muntaber dapat menyebabkan dehidrasi berat, dengue dapat menyebabkan perdarahan organ dalam, leptospirosis menyebabkan infeksi otak, dan infeksi saluran napas dapat menyebabkan sesak napas berat. Kondisi terminal tersebut dapat menyebabkan kematian.

Untuk mencegah penyakit tersebut, melakukan pemeliharaan rutin pada sistem sanitasi wajib dilakukan tanpa menunggu musim hujan tiba. Jika sampai musim hujan tiba, apalagi jika banjir melanda, risiko terkena penyakit-penyakit di atas akan jauh lebih tinggi.

"Sebaiknya masyarakat mengetahui tempat pengungsian yang mudah dicapai dan aman dari bencana, baik untuk pengungsi maupun tenaga bantuan. Biasakan untuk menyediakan persediaan papan sandang pangan yang layak dan mengetahui posko medis untuk penanganan pertama serta transportasi untuk penanganan medis lanjut," paparnya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan pasca bencana banjir melanda

Menjaga kebersihan

Segera bersihkan dan keringkan rumah untuk mencegah pertumbuhan jamur serta bersihkan barang-barang yang sempat terendam. Jangan lupa bersihkan barang-barang dengan campuran yang mengandung anti-bakteri. Tutupi wadah air dan keringkan genangan untuk mencegah perkembangan nyamuk.

Menjaga kesehatan

Obati luka-luka yang terbuka dengan antiseptik dan tutup luka tersebut agar cepat mengering. Perhatikan higienitas dan batas kadaluarsa makanan atau minuman. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan.

Menjaga keselamatan

Pastikan barang-barang yang menggunakan listrik dalam kondisi layak digunakan sebelum menyalakan aliran listrik rumah untuk mencegah tersetrum atau kebakaran.