Kenali MDS, Diduga jadi Penyebab Cece Mylisa Sanny Meninggal

Selebgram Mylisa Sanny
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Selebgram Mylisa Sanny atau yang biasa disebut Cece Mylisa Sanny, dikabarkan meninggal dunia. Ia dikabarkan meninggal pada Kamis malam, 27 Februari 2020.

Belakangan diketahui ia diduga meninggal akibat penyakit Myelodysplastic Syndromes atau MDS. Hal itu diungkapkan oleh akun bisnisnya @mylisa.shop, yang menjual berbagai aneka kosmetik.

"Penyakit yang diderita oleh @mylisasannyhappy bukan karena kanker rahim. Penyakit MDS yang diderita sejak dulu sudah diobati dan dinyatakan sembuh. Namun awal Januari tiba-tiba penyakit tersebut muncul kembali," demikian tulis akun @mylisa.shop.

Seperti dilansir dari Myelodysplastic Syndromes (MDS) mengacu pada sekelompok kondisi terkait yang mengganggu kemampuan tubuh untuk membuat sel darah yang sehat.  Ini merupakan salah satu jenis kanker darah.

Di dalam sebagian besar tulang, ada bagian yang lebih besar. Ini merupakan jaringan lemak dan kenyal yang disebut sumsum tulang.  Di sinilah sel induk "kosong" berubah menjadi sel darah yang belum matang (disebut blas).

Mereka kemudian bisa berubah menjadi sel darah merah (RBC), platelet, ran sel darah putih (WBC). Proses ini disebut hematopoiesis.

Ketika seorang mengalami MDS, sumsum tulang masih dapat menghasilkan sel-sel induk yang menjadi sel-sel darah yang belum matang.  Namun, banyak dari sel-sel ini tidak berkembang menjadi sel darah yang sehat dan matang.

Beberapa mati sebelum mereka meninggalkan sumsum tulang. Sementara yang lain masuk ke aliran darah mungkin tidak berfungsi secara normal.

Hasilnya adalah jumlah rendah satu atau lebih jenis sel darah (sitopenia) yang berbentuk tidak normal (displastik). Seiring waktu, MDS dapat berubah menjadi kanker darah lain yang disebut leukemia myeloid akut (AML). Menurut American Cancer Society, ini terjadi pada sekitar sepertiga dari orang yang memiliki MDS.