Tips Bersihkan Rumah dengan Cairan Disinfektan agar Terhindar COVID-19

Ilustrasi membersihkan rumah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Selain rutin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer, membersihkan sejumlah permukaan rumah yang sering kontak dengan sentuhan juga menjadi cara efektif mencegah penularan COVID-19. Seperti diketahui, COVID-19 menyebar melalui droplet atau percikan air liur. 

Virus yang terkandung di dalam droplet bisa bertahan selama beberapa waktu di sejumlah permukaan benda. Oleh karena itu membersihkan sejumlah permukaan rumah dengan disinfektan memperkecil risiko penularan penyakit yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok ini. 

Dalam laman Center for Disease Control and Preevention, mereka menganjurkan untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan dan mendisinfeksi permukaan. Sarung tangan harus dibuang setelah pembersihan.

Jika menggunakan sarung tangan yang bisa digunakan kembali, sarung tangan itu harus dikhususkan untuk untuk membersihkan dan mendesinfeksi permukaan COVID-19. Jangan gunakan sarung tangan itu untuk tujuan lain. Kemudian bersihkan tangan segera setelah sarung tangan dilepas. Jika permukaannya kotor, mereka harus dibersihkan menggunakan detergen atau sabun dan air sebelum desinfeksi.

Untuk  desinfeksi, ada sejumlah campuran yang efektif seperti dianjurkan CDC. Beberapa di antaranya dengan melarutankan bahan pemutih rumah tangga yang diencerkan,  melarutkan alkohol 70 persen, dan disinfektan rumah tangga yang terdaftar EPA. 

Larutan cairan pemutih rumah tangga  dapat digunakan jika sesuai untuk permukaan. Ikuti instruksi pabrik untuk aplikasi dan ventilasi yang tepat. Periksa untuk memastikan produk tidak melewati tanggal kedaluwarsa. 

Jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya. Pemutih rumah tangga yang tidak kadaluwarsa akan efektif melawan virus corona bila diencerkan dengan benar. Untuk cara melarutkannya ialah dengan menyiapkan larutan pemutih dengan mencampurkan  5 sendok makan (1/3 gelas) pemutih per galon air atau, 4 sendok teh pemutih per liter air.

Produk-produk dengan klaim patogen virus yang baru muncul yang disetujui EPA, ikon iconexternal diharapkan efektif terhadap COVID-19 berdasarkan data yang lebih sulit untuk membunuh virus.Tetap Ikuti instruksi pabrik untuk semua produk pembersih dan desinfeksi. 

Untuk permukaan lunak (keropos) seperti lantai berkarpet, permadani, dan tirai, singkirkan kontaminasi yang terlihat jika ada dan bersihkan dengan pembersih yang sesuai untuk penggunaan pada permukaan ini. Setelah dibersihkan cuci barang sesuai dengan instruksi pabrikan. 

Jika memungkinkan, cucilah benda-benda dengan air yang paling hangat dan tepat untuk barang-barang tersebut dan keringkan sepenuhnya. Selain itu bisa juga gunakan gunakan produk dengan klaim patogen virus baru yang disetujui EPA  yang cocok untuk permukaan berpori.

https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prepare/cleaning-disinfection.html