Cara Bikin Disinfektan Sendiri Buat di Rumah ala dr. Nahla Shihab

Penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran COVID-19 atau Virus Corona.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fauzan

VIVA – Untuk mencegah penularan COVID-19, selain mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer, membersihkan benda-benda di rumah yang sering kita sentuh, juga bisa menjadi salah satu cara yang efektif. 

Namun, mendapatkan cairan disinfektan tentu tidak mudah di tengah pandemi global ini. Melalui akun Instagram pribadi, Najwa Shihab turut membagikan tips praktis membuat cairan disinfektan sendiri di rumah, dengan memanfaatkan pemutih pakaian, Bayclin. 

Pembawa acara Mata Najwa itu me-repost unggahan Narasi TV, tentang cara membuat cairan disinfektan. Bukan sembarang tips, cara ini dibagikan oleh adik kandungnya, yang tidak lain adalah seorang dokter, dr. Nahla Shihab. 

Menurut wanita yang akrab disapa Nana itu, menyemprotkan cairan disinfektan perlu dilakukan dua kali sehari, pagi dan sore, di permukaan alat yang sering kita sentuh. Misalnya, gagang pintu, saklar lampu, telepon, remote TV/AC, keran, jet shower, alat sentor toilet, meja makan, dan sofa yang sering kita duduki. 

Lalu, bagaimana cara membuat cairan disinfektan sendiri dengan memanfaatkan cairan pemutih pakaian, Bayclin?

"Bayclin 95 ml ditambah air 905 ml (untuk menjadi total 1000ml/1 L). Bayclin, yang sering digunakan sebagai bahan bleaching/pemutih, mengandung sodium hypochlorite (natrium hipoklorit) dengan konsentasi 5.25%. Untuk bahan disinfektan, dibutuhkan natrium hipoklorit 0.5%. Jadi untuk mendapat konsentrasi yang sesuai, perlu pengenceran," tulis @najwashihab, dikutip VIVA, Senin 16 Maret 2020. 

Unggahan pemilik Narasi TV itupun mendapat banyak respons dari warganet. Ada yang berpendapat, sebaiknya Bayclin diganti dengan alkohol 70 persen, karena kandungan pemutih pakaian itu dianggap dapat merusak kulit. Atas respons tersebut, Nana pun memberikan tanggapannya. 

"Cek jawaban Nahla ya. Alkohol justru mudah terbakar," jawab Nana. 

Tak sedikit warganet yang berterima kasih atas tips yang dibagikan jurnalis senior itu dan meminta tips membuat hand sanitizer sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Namun, ada juga mengatakan kalau sebentar lagi Bayclin bakal langka. 

"Nah bentar lg bayclin pun langka," ujar warganet. 

"Otw bayclin langka dan harga melonjak," kata yang lain. 

"Share cara bikin hand sanitizer sendiri juga dong ka," pinta netizen