Kenali Penyebab Meningitis Perenggut Nyawa Glenn Fredly

Glenn Fredly meninggal dunia.
Sumber :
  • Instagram @glennfredly309

VIVA – Indonesia tengah berduka, Rabu 8 April 2020, musisi tanah air Glenn Fredly meninggal dunia di usia 44 tahun. Glenn Fredly meninggal di RS Setia Mitra Cilandak akibat meningitis atau radang selaput otak. 

Glenn diketahui sempat dirawat di rumah sakit selama seminggu. Di hari kepergiannya, Glenn kembali masuk ICU sebelum menghembuskan napas terakhir.

Lalu apa itu meningitis atau radang selaput otak? Dilansir dari laman Mayo Clinic, meningitis atau radang selaput otak adalah peradangan selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis paling banyak disebabkan oleh infeksi virus, tetapi tidak sedikit juga karena disebabkan oleh infeksi bakteri, dan infeksi jamur. 

Bakteri meningitis

Bakteri yang memasuki aliran darah dan menjalar ke otak dan sumsum tulang belakang dapat menyebabkan meningitis bakteri akut. Tidak hanya itu saja, meningitis juga bisa terjadi ketika bakteri langsung menyerang meninges, yang mana hal ini mungkin disebabkan oleh infeksi telinga atau sinus, fraktur tengkorak, atau, tidak sedikit terjadi karena beberapa kali tindakan operasi.

Berikut ini beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan meningitis bakteri akut, paling umum:

Streptococcus pneumoniae (pneumococcus)

Bakteri ini adalah penyebab paling umum meningitis pada bayi, anak kecil dan orang dewasa di Amerika Serikat.  Streptococcus pneumoniae  lebih sering menyebabkan infeksi pneumonia atau telinga atau sinus.  Namun, infeksi ini dapat dicegah dengan melakukan prosedur vaksin.  

Neisseria meningitidis (meningococcus)

Bakteri ini merupakan penyebab utama meningitis bakteri.  Bakteri ini umumnya menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas tetapi dapat menyebabkan meningitis meningokokus ketika bakteri ini memasuki aliran darah.  Neisseria meningitidis adalah infeksi yang sangat menular yang dapat menyerang kelompok usia remaja dan dewasa muda.  Bakteri ini dapat menyebabkan epidemi lokal di asrama perguruan tinggi, sekolah asrama dan pangkalan militer. Namun, penyakit ini dapat dicegah melalui vaksin. 

Haemophilus influenzae (haemophilus)
Bakteri Haemophilus influenzae tipe b (Hib) pernah menjadi penyebab utama meningitis bakteri pada anak-anak.  Tetapi dengan ditemukannya vaksin Hib baru dapat menanggulangi kasus meningitis jenis ini.  

Listeria monocytogenes (listeria)
Bakteri ini dapat ditemukan dalam keju yang tidak dipasteurisasi, hot dog dan lunch box.  Wanita hamil, bayi baru lahir, lansia dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah sangat rentan terhadap infeksi bakteri ini. Listeria dapat melewati penghalang plasenta, dan infeksi pada akhir kehamilan dapat berakibat fatal bagi bayi.

Gejala
Gejala meningitis dapat berupa flu (influenza). Namun gejala dapat berkembang selama beberapa jam atau beberapa hari.

Tanda-tanda dan gejala yang mungkin pada orang yang lebih dewasa bisa berupa demam tinggi secara tiba-tiba, leher kaku, sakit kepala yang parah, sakit kepala karena mual atau muntah, kebingungan atau kesulitan berkonsentrasi, kejang, rasa kantung atau sulit bangun, sensitif terhadap cahaya, tidak nafsu makan, atau kadang-kadang ruam kulit seperti pada meningitis meningokokus

Kapan harus ke dokter?

Seseorang harus segera mendapatkan perawatan medis jika memiliki gejala meningitis, seperti: Demam, sakit kepala tak henti-hentinya, kebingungan, muntah, leher kaku. 

Perlu diketahui, meningitis bakteri serius, bisa berakibat fatal dalam beberapa hari jika tidak dilakukan perawatan yang tepat.  Perawatan yang tertunda dapat meningkatkan risiko kerusakan otak permanen atau bahkan kematian.

Untuk diketahui, musisi Glenn Fredly yang meninggal akibat meningitis sempat dibawa ke Gereja Sumber Kasih. Pihak keluarga mengadakan ibadah pelepasan sebelum akhirnya jenazah dimakamkan di Tanah Kusir.