Kelaparan Saat Bangun di Pagi Hari? Ini Alasannya

Ilustrasi sarapan
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA – Setelah seharian beraktivitas, tengah malam Anda pun kadang menikmati makanan. Namun anehnya saat bangun keesokan harinya, masih saja terasa sangat kelaparan. 

Padahal Anda telah makan besar di malam hari, ternyata perut masih terasa keroncongan pagi harinya. Perasaan ini membuat Anda makan berlebihan di pagi hari, mengakibatkan kehancuran energi dan hilangnya produktivitas.

Dilansir dari Timesofindia, sebuah alasan ilmiah akan menjelaskan mengapa kebanyakan orang merasa rakus di pagi hari setelah makan besar di malam hari.

Alasan merasa lapar

Lonjakan nafsu makan sebagian besar terkait dengan kadar gula darah dan hormon. Hal inilah yang membuat ingin makan di pagi hari. 

Ada kesalahpahaman umum bahwa perut mengembang setelah makan besar dan untuk alasan yang sama Anda merasa lapar pada hari berikutnya. Tetapi itu tidak benar sama sekali.

Yang benar adalah, ketika Anda makan berlebihan di malam hari, kadar gula darah meningkat tajam. Saat tidur di malam hari, kadar gula turun setelah beberapa waktu dan ketika Anda bangun Anda merasa lapar.

Sesuai penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients,  kita mengonsumsi lebih sedikit makanan sehat dan kebanyakan makan berlebihan. 

Ini menyebabkan pankreas kita memproduksi lebih banyak insulin. Terlalu banyak insulin dalam tubuh membuat kadar gula darah turun drastis. Hal ini akan membuat Anda merasa lelah keesokan paginya dan akan merasa kelaparan.

Bukan hanya ini, tetapi Anda juga mungkin merasa kelaparan di pagi hari. Itu karena Anda mengonsumsi natrium berlebihan di malam hari. 

Tubuh kita juga salah memahami haus sebagai lapar. Maka teguklah dua gelas air hal pertama di pagi hari.

Apa yang harus dilakukan setelah makan besar

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan di malam hari untuk menghindari situasi ini di pagi hari.

Makanlah makanan lebih awal: Jika makan besar di malam hari maka jangan langsung tidur setelah itu. Harus ada jeda dua jam antara makan terakhir dan waktu tidur Anda.

Kemudian, berjalan sebentar setelah makan malam. Ini akan membantu mencerna makanan Anda.

Di pagi hari mulailah dengan dua gelas air, diikuti oleh protein dan sarapan sehat berserat. Ini akan membantu mengelola hari Anda dengan mudah.