Berkaca di The World of The Married, Pahami Cara Berargumen 'Sehat'

The World of The Married
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dalam drama Korea The World of The Married Couple terlihat pasangan suami istri yang tengah beradu argumen dengan cara yang berlebihan usai konflik perselingkuhan terungkap. Berantem dengan cara tersebut tentunya tak hanya berefek buruk pada diri sendiri tapi juga lingkungan sekitar termasuk anak.

Di drama tersebut, bisa dilihat bagaimana cara Sun Wo dan Tae Oh menghadapi beragam konflik sejak awal hingga perceraian terjadi. Hal itu membuat keduanya kerap berada di dalam masalah, bahkan anaknya menjadi korban.

Dikatakan pakar kesehatan mental Jor-El Caraballo, konflik pada pasangan adalah hal yang wajar dan mudah menimbulkan adu argumen atau perkelahian. Namun, beradu argumen tentu tak bisa sembarangan dan butuh cara yang sehat.

Lantas,bagaimana cara adu argumen secara sehat biar konflik tak berkepanjangan, ya?

Dikutip dari laman Men's Health, Caraballo menuturkan perlu adanya objek yang jelas saat beradu argumen. Pasangan perlu memahami alasan yang tepat jika sedang berkelahi. Dengan begitu, solusinya akan lebih jelas dan dengan mudah menghindari konflik berkepanjangan.

Hindari selalu berpikir untuk 'menang' dalam setiap argumen. Prioritaskan objek yang ingin diselesaikan. Misal, dalam kasus Sun Wo dan Tae Oh, mereka kerap berkelahi untuk bisa mendapat hak asuh anak.

Hindari juga untuk membawa semua kesalahan di masa lalu. Hal itu malah membuat kondisi makin runyam. Pada drama tersebut, Tae Oh cenderung membawa penyesalan masa lalunya dan menyalahkan Sun Wo karena mengambil jalan cerai tanpa pikir panjang.

Paling penting, jangan memotong pembicaraan pasangan saat sedang menjelaskan. Kondisi ini juga sering hadir saat Sun Wo sedang menegaskan sesuatu dan malah dipotong oleh Tae Oh. Padahal, mendengar pembicaraan secara jelas dan detail dari pasangan adalah hal yang penting, lho.