Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Jumat, 22 Mei 2020 | 17:50 WIB

Selain COVID-19, Penyakit DBD Juga Mengintai Anak-anak

Team VIVA »
Sumiyati
Foto :
  • Shimajiro.id
Ilustrasi ibu dan anak.

VIVA – Hingga saat ini, kita masih diimbau untuk tetap berada di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona atau COVID-19. Namun, selama beraktivitas di rumah, ternyata belum membuat kita tenang, karena ada penyakit lain yang mengintai. 

Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai saat berada di rumah adalah Demam Berdarah Dengue (DBD), yang bisa menyerang buah hati dan orang tercinta di rumah. Karena berdasarkan penelitian, nyamuk demam berdarah ini senang menghabiskan hidupnya di dalam atau sekitar rumah.

Baca Juga

Baca juga: Ilmuwan Sebut Obat Tekanan Darah Kurangi Risiko Kematian COVID-19

Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan, sejak 1 Januari hingga 27 April 2020, tercatat di Indonesia ada 49.563 kasus DBD dengan angka penyebaran terbanyak di Jawa Barat sebanyak 6.337 kasus, Bali 6.050 kasus, Nusa Tenggara Timur 4.679 kasus, Lampung 4.115 kasus serta Jawa Timur 3.715 kasus, dan angka ini masih terus mengalami penambahan.

Demam berdarah merupakan penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes seperti nyamuk Aedes aegypti. Karena diperantarai oleh nyamuk, maka demam berdarah dengue tidak bisa menular dari orang ke orang secara langsung seperti halnya penyakit flu. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - 4 bulan lalu
Terpopuler