Begini Cara Perkuat Paru-paru untuk Lawan COVID-19

Ilustrasi paru-paru.
Sumber :
  • Freepik/kjpargeter

VIVA – Virus corona atau COVID-19 menyerang tubuh melalui paru-paru. Virus yang berasal dari China ini menginfeksi tubuh dengan menembus ke dalam sel-sel sehat. Virus akan membuat sendiri salinan dan akhirnya berkembang biak di seluruh tubuh. Kemudian, virus ini akan mengunci protein permukaan runcing ke reseptor pada sel-sel sehat, terutama di paru-paru. 

Menurut Direktur Grand Slam Fitness, Prateek Sood, paru-paru akan meradang dan tidak dapat menerima oksigen yang cukup untuk mengalirkan darah, mengurangi kapasitas tubuh untuk mengambil oksigen dan menyingkirkan karbondioksida. Itulah yang menjadi alasan utama kematian penyakit ini. 

Aktif secara fisik dapat menjaga paru-paru kita tetap sehat karena saluran pernapasan kita bekerja lebih keras untuk menyediakan oksigen tambahan yang dibutuhkan otot. Berikut beberapa latihan yang bisa dilakukan di rumah yang tidak hanya dapat memperkuat paru-paru tapi juga menjaga kesehatan jantung, seperti dilansir dari laman Times of India

Latihan pernapasan

Latihan pernapasan sangat penting karena dapat membantu membersihkan lendir dari paru-paru dan menjaga saluran udara tetap terbuka. Kamu pun bisa memulai dengan melakukan latihan pernapasan sederhana. 

Tarik napas dalam-dalam 5 - 10 kali, lalu keluarkan dan ulangi. Bernapas dalam sangat bagus karena dapat mendorong udara ke dalam paru-paru. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pernapasan diafragma. 

Lakukan sambil duduk atau berbaring dengan meletakkan satu tangan di perut dan yang lain di dada. Tarik napas melalui hidung selama 2 detik. Rasakan udara bergerak ke perut. Ingat, perut kamu harus bergerak lebih dari dada. Lanjutkan bernapas selama 2 detik melalui mulut dengan bibir yang mengerucut sambil menekan perut. Ulangi beberapa kali. 

Angkat beban

Kamu bisa menggunakan benda sederhana untuk melakukannya, misalnya botol air. Kamu hanya perlu memegang beban dengan telapak tangan ke depan. Tarik napas. Sekarang angkat ke arah dada, pertahankan siku ke bawah, dan buang napas perlahan. Setelah itu, perlahan-lahan turunkan kembali lengah kamu ke bawah, saat kamu menarik napas. Lakukan hingga dua set, yaitu 10 - 12 pengulangan. 

Skipping

Skipping bisa membantu menjaga jantung, paru-paru dan sistem peredaran darah kamu tetap sehat dan memainkan peran penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Berdiri dalam posisi yang nyaman dengan kaki selebar bahu. Pegang pegangan skipping dengan kedua tangan. Manfaatkan pergelangan tangan untuk mengayunkan tali di atas kepala. Lakukan beberapa kali. 

Squat jumps

Lakukan latihan ini dalam posisi berdiri dengan kaki selebar bahu. Saat kamu menyelesaikan gerakan ke bawah, melompatlah. Saat kamu mendarat, turunkan tubuh kembali ke posisi jongkok untuk menyelesaikannya, mendaratlah dalam posisi terkontrol dan sekuat mungkin. 

Kamu juga harus ingat untuk menjaga kecepatan tetap selama latihan. Lakukan 2 - 3 set dengan 10 repetisi. Ini dapat melatih paru-paru kamu untuk meningkatkan kapasitasnya, yang akan membantu kamu menghirup lebih banyak oksigen.