Konsumsi Air Rebusan Sarang Semut Ampuh Tingkatkan Imunitas

Sarang semut.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Sarang semut bukanlah tempat tinggal semut, melainkan tanaman yang tumbuh pada dahan atau batang pohon yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sarang semut ini sudah lama digunakan oleh masyarakat pedalaman Papua untuk mengobati berbagai macam penyakit. 

Biasanya air dari rebusan sarang semut ini yang dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal yang dikenal sangat ampuh untuk mengobati penyakit ringan hingga berat. 

Salah satu mitos yang berkembang di masyarakat menyatakan bahwa salah satu manfaat air rebusan sarang semut, jika dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan imunitas. Benarkah demikian?

Melalui tayangan Hidup Sehat di tvOne, Rabu 27 Mei 2020, spesialis farmakologi klinik, dr Lonah, SpFK, menyatakan kalau manfaat yang satu itu bisa dibilang fakta, karena sarang semut mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. 

"Kandungan vitamin dan mineral memang dibutuhkan oleh tubuh kita oleh yang sehat maupun yang sakit. Dengan kita mendapatkan asupan vitamin dan mineral salah satunya dari tanaman sarang semut ini, tentunya kebutuhan vitamin dan mineral akan terpenuhi. Kita juga akan kuat dan terlindungi dari berbagai penyakit infeksi," ujarnya. 

Namun, dokter Lonah menegaskan bahwa air rebusan sarang semut ini tidak dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati virus corona atau COVID-19. 

"Sampai saat ini belum ada pembuktian medis bahwa mereka yang mengonsumsi sarang semut itu dapat terlindungi atau tercegah dari penyakit COVID-19," kata dia.