Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 28 Mei 2020 | 20:08 WIB

Benarkah Virus Corona Pengaruhi Kesuburan Pria?

Team VIVA »
Sumiyati
Foto :
  • Pixabay/Free-Photos
Ilustrasi pria berjenggot.

VIVA – Sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini telah mengeksplorasi efek virus corona atau COVID-19 pada kesuburan pria. Pada laporan sebelumnya, klaim soal dampak virus ini pada kesuburan pria ditolak, karena kurangnya bukti. 

Ada laporan yang menyatakan bahwa SARS-CoV-2 dapat berdampak pada kesuburan pria karena fakta bahwa demam yang diakibatkan oleh kasus flu musiman itu berhubungan dengan testis. Karena gejala primer dan sentral dari infeksi virus corona adalah demam tinggi, diasumsikan bahwa laki-laki yang terinfeksi virus ini juga akan mengalami penurunan kesuburan, demikian menurut laman Boldsky

Baca Juga

Sebuah penelitian yang dilakukan di China, menunjukkan bahwa laki-laki dengan COVID-19 tampaknya memiliki perubahan kadar beberapa hormon reproduksi mereka dibandingkan dengan pria tanpa virus. Namun, tidak ada perbedaan dalam kadar testosteron. 

Pada tahap awal, para ilmuwan telah menunjukkan bahwa karena virus corona novel dan SARS secara genetis memiliki kemiripan, ada kemungkinan bahwa virus corona novel berpotensi memengaruhi kesuburan pria karena SARS menyebabkan orkitis dan kerusakan pada testis. Tetapi, pernyataan ini ditarik kembali karena tidak ada kasus infeksi testis yang tercatat selama pandemi COVID-19. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - 3 bulan lalu
Terpopuler