7 Kacang Ini Baik untuk Kesehatan, Coba Deh!

Ilustrasi kacang mete.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kacang adalah pilihan camilan yang mudah dan sehat. Camilan seukuran gigitan ini mengandung nutrisi yang dikemas dengan lemak, vitamin, serat, dan protein yang menyehatkan jantung.

Kacang-kacangan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan sangat baik dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Berikut adalah daftar tujuh kacang dan manfaat kesehatannya dilansir dari Times of India:

Kacang almond

Makan almond dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL), kolesterol total dan kolesterol LDL teroksidasi, yang semuanya buruk bagi jantung. Ini menjadikan almond kacang yang menyehatkan jantung. 

Kacang almond juga rendah kalori yang dapat menjadi bagian dari rencana menurunkan berat badan. Kacang almond juga membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang kelebihan berat badan. 

Kacang ajaib juga mempromosikan bakteri usus yang bermanfaat, termasuk Bifidobacteria dan Lactobacillus.Segenggam almond memiliki 161 kalori.

Kacang Mete

Diet kaya mete membantu memperbaiki gejala sindrom metabolik. Sebuah studi menemukan bahwa diet dengan kalori 20 persen yang berasal dari kacang mete meningkatkan tekanan darah pada orang dengan sindrom metabolik.

Padahal ditemukan bahwa kacang mete tidak berpengaruh signifikan terhadap berat badan atau kadar gula darah. Segenggam kacang mete mengandung 155 kalori.

Hazelnut

Sama seperti kacang lainnya, hazelnut memiliki efek menguntungkan pada penyakit jantung. Hazelnut membantu menurunkan peradangan dan mengurangi kadar trigliserida. Ini juga membantu meningkatkan kadar vitamin E dalam darah seiring dengan penurunan kolesterol jahat.

Kacang Brazil

Kacang Brazil berasal dari pohon di Amazon dan sangat kaya akan selenium. Selenium adalah mineral yang bertindak sebagai antioksidan. Mineral ini digunakan untuk berbagai fungsi tubuh.

Segenggam kacang Brasil memberi Anda 100 persen dari asupan harian yang dibutuhkan untuk selenium.

Kacang Kenari

Kacang kenari adalah sumber asam lemak alfa-linolenat Omega-3 (ALA) yang sangat baik. Makan kenari setiap hari membantu mengurangi kolesterol jahat dan menjaga aliran darah melalui sistem peredaran darah.

Kacang kenari juga membantu mengurangi peradangan, yang pada gilirannya mencegah sejumlah penyakit. Menurut penelitian, kacang kenari juga memiliki efek menguntungkan pada otak. Segenggam kenari mengandung 182 kalori.

Kacang pistachio

Pistachio kaya serat dan sama seperti almond, pistachio membantu meningkatkan kadar kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat. Ini juga membantu dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL). Ini juga membantu dengan meningkatkan tekanan darah, mengurangi berat badan dan status oksidatif.

Stres oksidatif adalah tingkat darah dari bahan kimia teroksidasi yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung. Segenggam pistachio mengandung sekitar 156 kalori.

Kacang verdict

Kacang verdict kacang pohon dan milik keluarga kacang-kacangan. Tetapi mereka memiliki nutrisi yang sama seperti kacang polong. Sebuah studi yang dilakukan pada 1,20.000 orang menemukan bahwa asupan kacang dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah.

Studi lain menemukan bahwa wanita yang makan kacang lima kali seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Kondisi asma membaik pada anak-anak dan ibu yang makan kacang lebih dari sekali seminggu. Yang terbaik adalah memilih kacang tanah daripada yang berminyak.

Segenggam kacang mengandung 176 kalori.