Haruskah Menghindari Duduk dengan Kaki Bersilang? Ini Faktanya

Kaki menyilang
Sumber :
  • times of india

VIVA – Pernahkah memperhatikan bagaimana Anda duduk di kantor atau restoran? Sebagian besar dari kita merasa nyaman untuk duduk dengan satu kaki bersilang. Dan jika Anda akan mengamati orang-orang di sekitar, Anda akan menemukan betapa umum pola ini. 

Hal ini telah menjadi semacam kebiasaan dan bahkan dalam pikiran bawah sadar, kita cenderung mengikutinya. Siapa pun pasti tidak akan berpikir kelemahan duduk dalam posisi ini.

Lalu apakah ini benar-benar berbahaya?

Bukan berarti duduk dengan kaki bersilang akan menyebabkan keadaan darurat medis. Tapi itu mungkin meningkatkan tekanan darah, postur tubuh dan dapat menyebabkan masalah lutut dan mati rasa.

Bahkan wanita hamil disarankan untuk menghindari postur ini karena dapat menyebabkan komplikasi terkait kelahiran.  Sejumlah klaim tersebut itu benar dan beberapa hanya teori. Mari kita temukan kebenarannya dibalik klaim tersebut dilansir dari Times of India. 

Tekanan darah tinggi

Dua studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nursing dan Journal of Hypertension mengungkapkan bahwa duduk dengan menyilangkan kaki menyebabkan sedikit peningkatan tekanan darah Anda.

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam jurnal pertama, ada sedikit lonjakan tekanan darah ketika Anda menyilangkan kaki mereka di lutut. Namun, tidak ada perubahan yang disaksikan ketika kaki disilangkan di pergelangan kaki. Penting untuk dicatat bahwa lonjakan tekanan darah hanya sementara.

Pembuluh mekar

Dari waktu yang lama, diyakini bahwa duduk dengan kaki bersilang mengarah ke varises, ternyata hal itu tidak benar. Varises disebabkan ketika ada beberapa komplikasi di dalam katup di pembuluh darah Anda dan itu harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke jantung. 

Dalam kondisi ini, darah dikumpulkan dan menyebabkan tonjolan di pembuluh darah. Orang-orang yang tetap duduk atau berdiri dalam waktu yang lama berisiko mengembangkan varises. Ini tidak ada hubungannya dengan postur duduk Anda.

Saat hamil

Postur duduk tidak memiliki dampak yang parah bahkan pada wanita hamil, dan tidak akan menyakiti janin. Namun, Anda mungkin mengalami sedikit sakit pergelangan kaki, ketegangan otot atau sakit punggung. Hal ini karena ketika Anda membawa kehidupan lain di dalam perut Anda, tubuh Anda mengalami banyak perubahan internal.

Lutut dan nyeri sendi

Nyeri lutut dapat disebabkan karena beberapa alasan seperti cedera, radang sendi atau kondisi medis lainnya. Hanya dalam kasus yang jarang, duduk menyilangkan dapat menyebabkan masalah persendian atau lutut. 

Selain itu, jika Anda sudah menderita masalah lutut apa pun, duduk dalam posisi tertentu untuk waktu yang lama dapat memperburuk kondisi Anda.

Jaga postur tubuh

Untuk menjaga keselarasan postur tubuh Anda dan menghindari komplikasi di kemudian hari, yang terbaik adalah tidak duduk bersila. Mungkin sulit untuk menghentikan kebiasaan ini pada awalnya, tetapi jangan berhenti mencoba.