7 Alasan Kenapa Harus Jatuh Cinta di Usia 30-an

Ilustrasi pasangan.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Salah satu hal terindah ketika memasuki usia 30-an adalah merasakan jatuh cinta. Usia 30-an adalah usia di mana kamu mendapatkan pandangan yang jelas tentang dirimu, apa yang kamu inginkan dalam hidup dan seperti apa pasangan yang kamu inginkan.

Faktanya, ada banyak hal menarik yang harus kamu tahu tentang jatuh cinta di usia 30-an. Simak daftarnya berikut seperti dikutip dari laman Times of India

Kamu punya gagasan lebih baik tentang cinta

Saat usia 20-an, kamu hampir tidak tahu bagaimana memilah yang baik dari yang buruk. Bahkan konsep cinta bisa seringkali menjadi terlalu menghakimi. Tapi, ketika kamu matang dan mendapatkan gambaran yang besar adalah ketika kamu memahami apa cinta itu dan bagaimana orang yang membuatmu jatuh cinta. Kamu bisa mengambil keputusan tegas dan memilih pasangan berdasarkan apa yang kamu inginkan dan bukan orang lain inginkan.

Cintamu bukan lagi cinta monyet

Usia remajamu adalah masa di mana kamu sering jatuh cinta. Ini karena persepsi kamu sangat berbeda ketika belum matang mengenai emosi yang dalam di usia itu. Tapi, ketika kamu berusia 30, kamu mendapatkan pengalaman hidup dan kamu bisa benar-benar memahami sepenuhnya apa emosi dan perasaan itu. Kamu mulai menginginkan pasangan hidup yang sesungguhnya bukan hanya cinta semalam saja.

Kamu bisa lebih mengendalikan emosi

Usia 30-an adalah ketika kamu punya kendali terhadap perubahan hormon dan emosi. Kamu memahami apa yang kamu lalui dan bertanggung jawab atas hal itu daripada menyalahkan orang lain dan situasi di dalam fase hidupmu. Kamu menjadi lebih lembut yang membuatmu menjadi pasangan yang luar biasa.

Versi terbaik dirimu

Ketika usiamu mencapai 30, kamu tahu bagaimana menghadapi tantangan dan bangkit dari kegagalan. Perjuanganmu akan membuatmu orang yang lebih baik dan orang-orang akan mulai melihatmu lebih menarik ketika kamu memiliki banyak pengalaman untuk dibagi.

Kamu bisa mengatasi pertengkaran lebih baik

Hubungan yang sehat akan ada cinta begitu juga argumentasi. Tapi, ketika usiamu bertambah, kamu akan menjadi lebih baik dalam menyelesaikan isu dan argumen daripada menciptakan pertengkaran yang tidak ada artinya. Kamu mulai menjaga kedamaian dalam hubungan.

Kamu mulai fokus terhadap hidup

Ketika kamu tahu apa arti kehidupan, opini orang lain akan berkurang pengaruhnya bagimu. Kamu kini lebih fokus pada kebahagiaan dan apa yang kamu butuhkan untuk membuat hidupmu lebih baik daripada terpengaruh oleh apa yang orang lain inginkan.

Lebih bertanggung jawab

Kita belajar bertanggung jawab seiring bertambahnya usia. Sebuah hubungan tidak hanya mengenai kesenangan, tapi juga tanggung jawab yang kita sadari saat tumbuh seiring waktu. Usia 30-an membuat kita menjadi pasangan yang lebih matang dan bertanggung jawab, tahu bagaimana menyeimbangkan kesenangan dan keseriusan hubungan.