Waspada Bahaya Sinar UV Pukul 10.00-13.00 Hari Ini

Ilustrasi terkena sinar matahari.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memberikan peringatan terkait indeks radiasi sinar ultraviolet hari ini, Jumat 3 Juli 2020. Melalui akun instagram resminya @infobmkg memberikan penjelasan terkait indeks radiasi sinar UV wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Untuk wilayah Jabodetabek hari ini, pukul 08.00-09.00 memiliki indeks UV 0-2 yang berarti risiko bahaya rendah hingga sedang. Pukul 10.00-11.00 memiliki indeks UV bahaya sedang hingga sangat tinggi.

Pukul 12.00-13.00 memiliki indeks UV bahaya sedang hingga sangat tinggi. Dan pukul 14.00-15.00 memiliki indeks UV bahaya rendah hingga sedang.

Baca Juga: Tes Ini Klaim Bisa Deteksi COVID-19 Hanya Dalam 30 - 45 Menit

Untuk menghindari dampak radiasi sinar UV 0-2 masyarakat diimbau untuk menggunakan kacamata pada hari yang cerah ketika berjemur. Gunakan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ bagi kulit sensitif.

Radiasi sinar UV dengan risiko tinggi berpotensi merusak kulit dan mata dengan cepat jika tak memiliki perlindungan. Warga diminta untuk meminimalkan aktivitas di luar ruangan pada jam 10.00 hingga pukul 16.00 WIB. Pastikan tetap berada di tempat teduh saat cuaca sedang terik. 

Masyarakat juga diimbau untuk menggunakan pakaian pelindung matahari, topi lebar, dan kacamata hitam yang menghalangi sinar UV saat berada di luar ruangan. 

Selain itu masyarakat diimbau menggunakan pelembab tabir surya SPF 30++ setiap 2 jam bahkan pada hari berawan, setelah berenang atau berkeringat. Permukaan yang cerah seperti pasir, air, dan salju akan meningkatkan paparan UV.