Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Nyamuk Ikut Tularkan COVID-19? Begini Kata Ahli

Senin, 20 Juli 2020 | 22:00 WIB
Oleh :
Foto :
  • instagram/guyonankekinian
Nyamuk

VIVA – Memasuki musim pancaroba membuat tidak sedikit dari masyarakat yang khawatir bahwa nyamuk dapat menularkan virus Sars-CoV-2 penyebab COVID-19. Hal ini mengingat nyamuk menyebarkan beberapa penyakit seperti malaria, west nile hingga zika.

Apakah benar nyamuk dapat nyebarkan virus corona? Dilansir dari laman Healthline, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan tidak ada informasi atau bukti hingga saat ini yang menunjukkan bahwa virus corona dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Baca Juga

Alasan pertama, virus corona adalah virus yang menyerang saluran pernapasan, dan cara penularan utama adalah melalui droplet yang mengandung virus yang dilepaskan ke udara ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Agar nyamuk terinfeksi virus, virus tersebut harus ada dalam darah yang dimakan nyamuk.

"SARS-CoV2 (virus yang menyebabkan COVID-19) adalah virus pernapasan yang hampir secara eksklusif terkandung dalam paru-paru dan saluran pernapasan orang yang terinfeksi, dan jarang masuk ke dalam darah," kata seorang peneliti postdoctoral di departemen mikrobiologi, imunologi, dan patologi di Colorado State University, Emily Gallichotte, PhD, mengatakan pada Health.

Lebih lanjut, agar virus dapat menular ke seseorang melalui nyamuk atau jenis gigitan serangga lainnya, seperti gigitan kutu virus, harus dapat mereplikasi di dalam nyamuk atau kutu. Baik virus corona baru maupun jenis corona virus lainnya tidak terbukti melakukan hal itu.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler