5 Jenis Makanan Sebaiknya Dihindari Pria

Ilustrasi pria gemuk
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ahli kesehatan integratif Tasneem Bhatia, M.D., menjelaskan jika seorang pria kekurangan vitamin B atau defisiensi vitamin dapat mempengaruhi hilangnya libido (gairah seksual). Selain itu, defisiensi zinc juga akan mempengaruhi produksi testosteron dan defisiensi asam lemak juga akan mempengaruhi produksi hormon secara keseluruhan.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin A, E dan asam lemak omega 3 seperti stroberi organik, alpukat, dan ubi jalar yang dapat membantu mempertahankan libido yang sehat. 

Namun, ada makanan tertentu yang dapat memiliki efek sebaliknya. Berikut ini lima makanan yang seharusnya dihindari agar tidak mempengaruhi dorongan seksual pria seperti yang dilansir dari laman Livestrong.

Susu

Menurut Dr. Taz, banyak pria tidak menyadari bahwa mereka tidak toleran terhadap produk susu atau intoleran laktosa (susu, es krim dan keju). Padahal kata dia, kembung dan gas yang ditimbulkan akibat laktosa dapat merusak gairah seks pria. Hal itu pun dapat berdampak negatif pada dorongan seksual mereka.

"Membatasi produk susu dapat membantu mencegah gejala-gejala yang dapat membunuh dorongan seksual Anda," ia menjelaskan.

Jika kamu mungkin menderita intoleransi laktosa, mungkin bisa mencoba beberapa alternatif non-susu.

Alkohol

Dr. Taz menjelaskan bahwa orang yang terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati alkohol selamanya. Taz merekomendasikan pria untuk tidak minum lebih dari dua atau tiga minuman beralkohol setiap malam dan, idealnya, tidak lebih dari lima hingga tujuh per minggu.

Popcorn

Popcorn menjadi salah satu camilan favorit terutama ketika sedang bersantai. Namun ternyata, mengonsumsi popcorn dapat berdampak negatif pada kehidupan seks. Sebab, lapisan dalam berbagai jenis popcorn mengandung asam perfluorooctanoic, yang dapat mengganggu endokrin, dan dapat menurunkan kadar testosteron.

Selain meredam dorongan seksual pria, bahan kimia ini juga memengaruhi pasangan. Berdasarkan penelitian, asam perfluorooctanoic dapat berdampak negatif pada kesuburan wanita.

Udang

Udang diketahui memiliki kalori yang cukup rendah, tinggi protein, rendah merkuri dan menawarkan banyak vitamin dan mineral. Tetapi udang mungkin bukan makanan terbaik untuk kehidupan seks.Dr. Taz menjelaskan, udang memiliki 4-hexylresorcinol (bahan kimia yang membantu mereka mempertahankan warnanya) yang dapat meningkatkan estrogen dan menurunkan testosteron.

Selain itu, menurut laporan Consumer Reports pada 2015, menyebut hampir 20 persen udang beku (baik yang mentah maupun yang dimasak) dinyatakan positif mengandung beberapa bakteri, termasuk vibrio dan E. coli, yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan dapat menyebabkan gejala diare serta dehidrasi. Sedangkan 60 persen udang mentah, diketahui  mengandung satu dari empat jenis bakteri.

Biji rami

Selama lebih dari 5.000 tahun, biji rami telah digunakan untuk kesehatan.Tidak hanya itu sumber asam lemak omega-3 asam alfa-linolenat, juga merupakan sumber phytochemical yang disebut lignan dan tinggi serat makanan, magnesium, kalium, mangan dan mineral fosfor, besi dan tembaga.

Namun, pria mungkin perlu berpikir dua kali sebelum memakan biji rami. Dr. Taz menjelaskan biji rami tanah memiliki lignin dan serat, yang membantu memetabolisme estrogen. Namun bisa saja, biji rami menurunkan testosteron jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Namun demikian, bukan berarti kamu tidak bisa mengonsumsi biji rami. Taz menyarankan untuk membataai mengonsumsi biji rami, yakni satu hingga dua sendok teh per minggu untuk mendapatkan manfaat serat yang membantu mencegah risiko penyakit jantung.