Wow, Rutin Bercinta Seminggu Sekali Cegah Kematian Dini

Ilustrasi wanita/bercinta.
Sumber :
  • Freepik/ArthurHIdden

VIVA – Kita semua tahu berhubungan seks dapat memberi banyak manfaat kesehatan. Sesi intim ini tak hanya terasa nikmat tapi juga menurunkan stres hingga mengurangi risiko kematian dini.

Para peneliti telah menemukan bahwa rutin bercinta dikaitkan dengan kemungkinan kematian yang lebih rendah akibat kanker, penyakit jantung, dan bahkan penyakit lainnya.

Dikutip dari laman Daily Star, Studi ini membandingkan antara olahraga intensitas ringan hingga intensitas sedang dengan bercinta yang ternyata memiliki manfaat kesehatan yang serupa. Para ilmuwan dari Universitas Washington menanyakan sekitar 15.269 orang dewasa dengan usia rata-rata 39 tahun tentang kehidupan seks mereka.

Baca Juga: "Super Jorok" 5 Nama Menu Tradisional Ini Gak Kalah Heboh dari Klepon

Dan kemudian para peserta dilacak hingga 11 tahun. Sekitar 72 persen dari mereka yang disurvei melakukan hubungan seks setidaknya sebulan sekali, sementara 36 persen menikmati sesi beberapa kali dalam seminggu.

Selama penelitian, 228 orang meninggal, termasuk 29 dengan penyakit kardiovaskular dan 62 dengan kanker. Para peneliti menemukan semakin sering bercinta maka semakin rendah risiko kematiannya.

Mereka yang rutin bercinta setiap minggu 49 persen cenderung lebih minim peluang kematian akibat penyakit dibandingkan mereka yang berhubungan seks hanya setahun sekali atau kurang.

Peluang mereka meninggal akibat penyakit kardiovaskular adalah 21 persen lebih rendah, dari kanker 69 persen lebih rendah dan penyebab lainnya 48 persen lebih rendah. Hasil itu tak mengherankan lantaran behubungam seks dapat melepaskan zat kimia yang memperbaiki kesehatan mental serta menjadi sel pembunuh penyakit secara alami.

Sel-sel ini menurunkan risiko kanker dan penyakit lainnya. Bahkan, sel yang dihasilkan dari hormon usai bercinta dapat mencegah infeksi paru-paru dan memperbaiki kondisi lainnya. Bagaimana, mau rutin bercinta setiap minggu dengan pasangan?