Mengenal Stroke yang dialami oleh El Ibnu "El Kasih"

El Ibnu
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA – Lama tidak terdengar kabarnya, vokalis band Elkasih, El Ibnu ternyata sedang mengidap penyakit stroke. Saat ditemui awak media, El Ibnu menggunakan kursi roda dan ditemani oleh pengasuhnya. Pengasuhnya menyebut, El Ibnu pertama kali kena stroke ketika sedang berada di Maroko pada tahun 2015 lalu. Setelah itu, El Ibnu terserang stroke sampai tiga kali.

“Dia (El Ibnu) kena stroke pada tahun 2015 waktu mereka sedang tampil di Maroko. Saat itu Nino (El Ibnu) kena stroke dan mulutnya sudah mulai monyong ya, tapi dia dirawat di sana (di Maroko) selama dua minggu,” kata Agustina di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu, 22 Juli 2020.

Dilansir dari laman Mayoclinic, stroke yang dialami oleh El Ibnu merupakan kondisi dimana pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang, akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Ketika otak tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi membuat sel-sel pada sebagian area otak akan mati.

Lalu apa yang menyebabkan stroke? Penyebab stroke sendiri terbagi menjadi dua berdasarkan jenis stroke itu sendiri. Pertama, Stroke iskemik ini terjadi ketika pembuluh darah arteri yang membawa darah dan oksigen ke otak mengalami penyempitan, sehingga menyebabkan aliran darah ke otak sangat berkurang. 

Kedua, stroke hemoragik, stroke ini terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah dan menyebabkan perdarahan. Pendarahan di otak dapat dipicu oleh beberapa kondisi yang memengaruhi pembuluh darah. Kondisi tersebut meliputi hipertensi yang tidak terkendali, melemahnya dinding pembuluh darah, dan pengobatan dengan pengencer darah. 

Stroke seperti yang dialami oleh El Ibnu vokalis dari El Kasih ini merupakan penyakit serius yang perlu penanganan secepatnya, karena sel otak dapat mati hanya dalam hitungan menit. Penting untuk kita mengetahui tanda dan gejala apabila seseorang terkena stroke sehingga kita dapat dengan cepat memberikan pertolongan. Berikut ini tanda dan gejala stroke:

1. Kesulitan berbicara dan memahami apa yang orang lain katakan

Seseorang yang mengalami stroke mungkin mengalami kebingungan, atau mengalami kesulitan memahami ucapan seseorang.

2. Kelumpuhan atau mati rasa pada wajah, lengan atau kaki

Seseorang yang mengalami stroke mungkin mengalami mati rasa, kelemahan atau kelumpuhan tiba-tiba di wajah, lengan, atau kaki atau kelumpuhan pada satu sisi tubuhnya.

Untuk mengetahuinya, cobalah untuk mengangkat kedua tangan di atas kepala secara bersamaan. Jika satu lengan mulai jatuh, kamu mungkin mengalami stroke. Atau jika satu sisi mulut kamu miring saat tersenyum ini juga bisa menjadi pertanda kamu terkena stroke.

3. Masalah penglihatan di satu atau kedua mata

Seserang yang mengalami stroke mungkin tiba-tiba memiliki pandangan kabur atau menghitam di satu atau kedua mata, atau mungkin penglihatannya ganda.

4. Sakit kepala

Sakit kepala yang tiba-tiba dan parah, yang mungkin disertai dengan muntah, pusing, atau kesadaran yang berubah, dapat mengindikasikan bahwa seseorang mengalami stroke.

Baca juga: Kronologi Vokalis Elkasih, El Ibnu yang Terserang Stroke

5. Kesulitan berjalan

Seseorang yang mengalami stroke mungkin mengalami kesulitan berjaalan saat berjalan mereka tersandung atau kehilangan keseimbangan. Mereka juga mungkin mengalami pusing mendadak atau kehilangan koordinasi.

Cari pertolongan medis segera jika kamu melihat tanda-tanda atau gejala stroke, bahkan jika tanda tersebut datang dan pergi atau menghilang sepenuhnya.