Cara Lain Manfaatkan Sepeda untuk Latih Kebugaran

Ilustrasi balap sepeda
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

VIVA – Dengan maraknya olahraga bersepeda saat ini, tentunya harus dipergunakan sebaik-baiknya untuk menjaga kesehatan masyarakat kita di saat pandemi COVID-19. Sejauh ini yang diketahui masyarakat terbatas pada “cara bersepeda” saja sedangkan manfaat terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh banyak tidak diketahui dengan jelas. Untuk itu memberikan dasar pengetahuan kesehatan olahraga dengan bersepeda menjadi momentum yang sangat berharga agar dapat diaplikasikan dalam tren bersepeda saat ini.

Lewat rilis yang diterima VIVA, dr Michael Triangto, SpKO - spesialis kedokteran olahraga yang juga Direktur Slim & Health Sports Center Jakarta memberikan tips penting buat kamu yang ingin melakukan kegiatan bersepeda.

Menurut dr Michael, sebelum bersepeda ke luar rumah, ada baiknya lengkapi tubuh kita dengan kelengkapan-kelengkapan seperti: pelindung kepala/ helm, masker yang sesuai, pelindung untuk mata, siku dan lutut, pakaian yang sesuai untuk bersepeda juga kaos kaki juga sepatu bersepeda. Hal lain adalah selalu membawa minum dan disinfektan sendiri agar senantiasa dapat membersihkan tangan di saat-saat yang diperlukan.

Baca Juga: #TanyaDokter: Ciri-ciri Mimisan yang Berbahaya

dr Michael juga mengatakan, perlu diperhatikan juga tinggi sadel yang tepat agar tidak mengalami gangguan pada daerah sendi lutut. Selain itu sebelum bersepeda tentukan terlebih dahulu tujuan dari kegiatan itu misalnya jika diperuntukkan bagi kesehatan tentunya harus mencapai gol di mana tingkat kesehatan pelakunya harus menjadi lebih baik dari pada sebelum memulai olahraga bersepeda.

“Jika berolahraga bersepeda juga harus memiliki program latihan yang jelas  memiliki FITT yaitu frekuensi latihan, intensitas, lama latihan(150 menit/minggu) dan jenis latihan( aerobik & anaerobik). Tanpa keberadaan program maka bersepeda tersebut hanya merupakan aktivitas fisik dan bukan merupakan olahraga melainkan sebagai alat transportasi semata,” katanya.

Olahraga Anaerobik

Bersepeda sendiri merupakan salah satu olahraga berjenis aerobik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan dapat membantu mengatasi penyakit seperti hipertensi, diabetes melitus, gangguan lemak tubuh, asthma selama dilakukan dalam program yang benar juga sesuai dengan kondisi kesehatan dan kemampuan saat itu.

Sejauh ini yang diketahui masyarakat tentang sepeda adalah jenis aerobik tadi sedangkan jenis anaerobiknya ini dilakukan secara terpisah yang artinya dilakukan di gym. “Saat ini kita juga dimungkinkan untuk melakukan jenis latihan anaerobik tadi bersama dengan sepeda yang dipergunakan dengan demikian kita tidak menyia-nyiakan waktu berada di luar yang saat ini sangat berharga,” ujar dr Micahel lagi.

Olahraga anaerobik sendiri sangat baik untuk mempertahankan dan meningkatkan kebugaran tubuh sehingga kita akan mampu melakukan aktivitas sehari-hari dan juga aktivitas fisik yang lebih berat tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Pada latihan ini kita akan melatih otot-otot tubuh yang disesuaikan dengan kemampuan tubuh kita yang artinya tidak boleh dilatih secara berlebihan. Latihan otot-otot itu sendiri akan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan bersepeda kita dan tentunya berguna juga  bagi kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu kita akan menujukan latihan pada otot lengan (Biceps), otot paha(Quadriceps, Hamstring, Adductor & Abductor) juga otot-otot tubuh bagian depan dan belakang.

Adapun bentuk latihannya seperti ini namun menggunakan sepeda sebagai pengganti beban. Selain untuk melatih otot-otot tubuh yang berhubungan dengan melakukan gerakan saat bersepeda dapat juga dengan melakukan peregangan yang sangat baik untuk menghilangkan rasa pegal setelah berlatih.