3 Cara Redam Amarah ala UAS, Hati Tenang Stres Hilang

Ustaz Abdul Somad (UAS).
Sumber :
  • Instagram/@ustadzabdulsomad_official

VIVA – Meredam amarah bukan perkara yang mudah. Saat sedang emosi, seringkali kita sulit untuk mengendalikan dan lebih sering meluapkannya pada orang-orang di sekitar. Hal itu tentu akan merugikan tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga orang lain. 

Oleh karena itu, menahan amarah sangat penting dilakukan. Menurut Ustaz Abdul Somad atau lebih akrab disapa UAS, jika kita mampu menahan amarah, manfaatnya bisa membuat hati tenang, stres pun akan hilang. Lalu, adakah obat yang ampuh untuk menahan amarah?

"Kalau kita tahu dia (amarah) datangnya dari setan, maka berlindunglah kepada Allah dari setan. Maka ketika terasa marah itu mau datang, maka langsung kita Taawudz, A'udzubillahi minassyaithonirrojim. Di usir dia dari dalam, sehingga dia tidak sempat menaikkan darah," ujarnya di Youtube Ustadz Abdul Somad Official, dikutip VIVA, Selasa 4 Agustus 2020.

Baca Juga: Minta Klarifikasi, Polisi Segera Panggil Anji dan Hadi Pranoto

Kemudian menurut UAS, cara kedua adalah dengan menghadapinya. Jika kita marah dalam posisi berdiri, maka duduklah. Jika kamu marah dalam posisi duduk, maka berbaringlah. Kenapa demikian?

"Karena kalau sedang berdiri, kakinya bisa ke mana-mana, bisa menendang. Tapi kalau sedang duduk bisa meminimalisir gerakan. Kalau dia sedang duduk, ngasih tangan bisa (memukul), maka dia disuruh berbaring," lanjut UAS.

Pendakwah kondang itu menjelaskan, marah merupakan gejolak api neraka yang ada di jantung. Untuk itu, cara ketiga untuk memadamkannya adalah dengan cara berwudhu.

"Kalau kamu marah berwudulah, kalau tidak berhasil mandi dengan air dingin. Ini terapi yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Taawudz, Istighfar, Salawat, Zikir, Tahlil, La ilaha illallah, Bismillah, mandi, nah ini yang diajarkan nabi SAW," tutur Ustaz Abdul Somad.