Waspadai 5 Penyakit Selama Musim Hujan, Ini Cara Mencegahnya

Nyamuk dan musim hujan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Dengan dimulainya musim hujan, ada lonjakan jumlah kasus virus corona setiap hari. Ada laporan yang mengklaim virus akan mereda selama musim panas, tetapi itu tidak terjadi. Ketika musim hujan tiba, orang menjadi lebih berhati-hati. Ini bukan hanya karena meningkatnya kasus COVID-19, tetapi musim hujan membawa risiko tinggi terkena infeksi dan jatuh sakit.

Menurut sebuah penelitian, risiko terkena infeksi bakteri dan virus adalah dua kali lebih banyak selama musim hujan dibandingkan dengan musim lainnya. Kadar air yang tinggi di udara memudahkan organisme mikro yang berbahaya untuk berkembang, menghasilkan berbagai jenis infeksi.

Berikut adalah daftar lima jenis infeksi yang sering terjadi saat musim hujan, dan cara mencegahnya dilansir dari Times of India.

Demam berdarah

Penyakit yang ditularkan nyamuk seperti demam berdarah dan chikungunya sangat umum selama musim ini. Hujan deras menyebabkan akumulasi air yang stagnan, yang berfungsi sebagai tempat berkembang biak yang sempurna bagi nyamuk, yang menyebabkan penyakit seperti demam berdarah dan chikungunya.

Baca juga: Tips Hindari Stres Akibat di PHK Saat Pandemi COVID-19

Untuk mencegah penyakit seperti itu, sebaiknya jangan biarkan air hujan menggenak di mana pun di sekitar Anda. Menggunakan penolak nyamuk, mengenakan pakaian lengan penuh juga merupakan cara mudah untuk menyelamatkan diri dari gigitan nyamuk.

Diare

Musim hujan sangat cocok bagi mikroba untuk tumbuh dalam makanan, jika tidak disimpan dengan benar. Jika seseorang mengonsumsi makanan yang terkontaminasi seperti itu, dapat menyebabkan diare dan infeksi lambung.

Cara terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan memilih makanan buatan sendiri daripada makanan luar dan memeriksa secara menyeluruh jamur atau serangga dalam makanan. Mencuci sayuran dan buah-buahan dengan air panas sebelum dimasak juga disarankan.

Demam dan flu

Salah satu penyakit virus yang paling umum selama musim ini adalah flu. Tidak peduli seberapa besar kita melindungi diri kita sendiri, kita semua jatuh sakit setidaknya sekali atau bahkan lebih selama musim ini.

Deman dan flu karena tingginya jumlah patogen di udara saat ini adalah hal biasa. Jangan kontak langsung dengan orang yang menderita demam dan flu. Jika ada anggota keluarga yang memilikinya, gunakan handuk, perkakas, dan cuci tangan sesering mungkin.

Kolera

Ini adalah infeksi yang ditularkan melalui air dan karenanya sering terjadi pada musim ini. Tetap terhidrasi dan makan bersih untuk menjaga diri tetap aman.

Tipus

Tifoid adalah penyakit yang ditularkan melalui air dan sering terjadi selama musim hujan karena sanitasi yang tidak benar. Penyakit ini dapat menyebabkan demam, menguningkan kulit dan memengaruhi hati.

Pastikan Anda minum air bersih untuk mencegah tipus. Jangan minum minuman berbasis air terbuka dari luar dan coba bawa botol air ke mana pun Anda pergi.