Hadi Pranoto Klaim Obat COVID-19 Temuannya Tanpa Efek Samping

Praktisi obat herbal, Hadi Pranoto
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Sosok Hadi Pranoto menghebohkan publik terkait penemuannya. Pria itu mengklaim telah menciptakan antibodi COVID-19, yang tidak hanya dapat mencegah tapi juga mengobati virus corona. Bahkan, Hadi menyebut obatnya itu juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Diketahui, obat temuan Hadi merupakan ramuan herbal. Di mana obat tersebut berhasil diracik sendiri oleh Hadi, dengan memanfaatkan sejumlah bahan alam, seperti tumbuh-tumbuhan dan teknologi bakteri mikrobiologi tanah. 

Meski banyak pihak yang menyangsikan kemanjuran hingga tingkat keamanan ramuan herbalnya tersebut. Namun, Hadi mengaku 'obat ajaib' ciptaannya itu aman dan tanpa efek samping. 

"Teman-teman bisa merasakan sendiri, kalau obat herbal ini tidak ada efek samping. Kita kemas sebaik mungkin dan seaman mungkin, dari anak kecil, dewasa, hamil, bisa merasakan," ujarnya kepada VIVA melalui sambungan telepon, Rabu 5 Agustus 2020. 

Baca Juga: Ngehits, 4 Gaya dan Ciri Khas Sisca Soewitomo Pandu Acara Aroma

Lebih lanjut Hadi menegaskan temuannya itu bukanlah vaksin untuk COVID-19. Karena hingga kini, vaksin masih belum ditemukan dan masih dalam tahap penelitian. 

"Kita tidak bicara vaksin, karena masih penelitian seluruh dunia belum ada," lanjut dia. 

Hadi menyatakan, Indonesia kaya akan bahan-bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai macam obat, termasuk untuk antibodi COVID-19. 

"Saat ini kita sebagai negara yang punya kekayaan alam herbal yang cukup besar, kita manfaatkan untuk antibodi, sistem imun, sehingga kita bisa melawan COVID-19," kata Hadi.