Susu Kurma Mampu Tingkatkan Imunitas Lawan Virus Corona

Kurma
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kurma sudah dikenal dengan beragam kandungannya yang berkhasiat bagi kesehatan. Tak heran, konsumsi kurma sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi COVID-19.

Disebutkan Spesialis Gizi Klinis, dr. Ida Gunawan, MS, SpGK(K), sudah sejak lama kurma dikonsumsi dan terbukti berkhasiat. Kurma juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, termasuk dipadukan dengan susu yang juga kaya manfaat.

Baca juga: Hadi Pranoto Sebut Orang Kementerian Sudah Pakai Obat Herbalnya

"Susu menyehatkan. Kurma terkenal sangat bermanfaat. Keduanya digabungkan tentu memberi manfaat lain yang lebih baik," kata dokter Ida dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Kamis 6 Agustus 2020.

Dokter Ida menjelaskan, susu memiliki kekayaan protein yang dibutuhkan tubuh dalam meningkatkan imunitas. Terlebih, vitamin D di dalam susu juga berperan besar dalam menjaga produksi 'tentara' di tubuh tetap dalam kondisi baik.

"Susu kaya protein dan lemak baik serta vitamin dan antioksidan, termasuk vitamin D untuk tingkatkan imunitas tubuh," paparnya.

Baca juga: Ramuan Jamu untuk Ringankan Gejala Penyakit Penyerta COVID-19

Di kondisi pandemi, Dokter Ida mengatakan bahwa sumber vitamin D untuk tubuh sedang sangat dibutuhkan. Sementara, kurma terbukti memiliki kekayaan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

"Kurma kaya antioksidan untuk basmi radikal bebas sehingga daya tahan tubuh terjaga. Makanya susu kurma bisa untuk imunitas," jelasnya.