Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Muncul Virus Menular Baru di China, 67 Terinfeksi dan 7 Meninggal

Jumat, 7 Agustus 2020 | 09:08 WIB
Foto :
  • times of india
Virus SFTS di China

VIVA – Virus baru dilaporkan muncul lagi di Wuhan, China. Negeri Tirai Bambu tersebut telah melaporkan penyakit menular baru yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui kutu. Menurut media China, virus tick-borne telah menginfeksi 67 orang dan menewaskan sedikitnya 7 jiwa.

Pihak berwenang telah memperingatkan masyarakat di sana tentang kemungkinan penularan penyakit dari orang ke orang. Karena ilmuwan dan ahli medis percaya, infeksi tersebut telah ditularkan dari kutu ke manusia.

Baca Juga

Dilansir Times of India, virus yang ditularkan melalui gigitan kutu ini telah diidentifikasi sebagai demam parah dengan sindrom trombositopenia, atau disingkat virus SFTS. Menurut Global Times, Provinsi Jiangsu di Tiongkok Timur, telah melaporkan lebih dari 37 kasus pada paruh pertama tahun ini. Sementara 23 yang lain ditemukan terjangkit penyakit ini di Provinsi Anhui, Tiongkok Timur.

SFTS bukanlah penyakit baru. Karena penyakit ini pertama kali dilaporkan pada 2009, di Centra China. Dan saat itu, China sukses mengisolasi patogen tersebut pada 2011. Patogen virus tersebut termasuk dalam kategori Bunyavirus, yang merupakan famili dari arthopod-borne dan virus yang dibawa oleh tikus.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler