Main TikTok Ternyata Berdampak Positif bagi Kehidupan

TikTok.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Generasi milenial tentu sudah tidak asing dengan aplikasi TikTok. Di manapun dan kapanpun bisa dengan mudah membuat video yang berdurasi 15-60 detik ini. Begitu mudahnya sampai ada yang tiada hari tanpa TikTok.

Meski dianggap dapat menimbulkan efek negatif namun, aplikasi video asal China ini dapat memberikan manfaat positif bagi para penggunanya. Dalam program Hidup Sehat TvOne, Spesialis Kejiwaan, dr. Danardi, Sp.KJ (K) menjelaskan bahwa bermain TikTok dapat membantu menghilangkan stress

"Fakta, kita berelaksasi menikmati rasa senang itu hiburan. Karena happy imun meningkat," kata dia, Kamis 20 Agustus 2020. 

Meski begitu, Danardy menjelaskan penting bagi para pengguna TikTok untuk dapat mengendalikan dalam menggunakan TikTok. Jangan sampai penggunaan yang berlebihan malah justru dapat mengganggu kehidupan keseharian. 

Baca juga: Tanggapan IDAI Terkait Rencana Sekolah akan Dibuka di Tengah Pandemi

"Apakah dia menghabiskan waktu berapa lama. Bisa isi ulang bisa happy,  tapi pekerjaan utama enggak diabaikan. Lupa makan minum tidur itu jadi masalah," kata dia.

Danardy juga memberikan saran untuk orang tua tetap mengawasi atau mendampingi kegiatan TikTok anak-anak mereka. Jangan sampai kegiatan bermain TikTok tersebut dapat mengganggu kehidupan kesehariannya. 

"Penting orang tua untuk melakukan pendampingan. Kalau sampai anak kita menggunakan waktu terlalu lama, ajak dialihkan beragam beraneka sekali. Kalau bisa diajak dia ga akan jatuh ke situ (kecanduan)," tutur dia.