Pahami Lagi, Ini Penyebab Munculnya Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Pemakaian masker dapat picu munculnya jerawat
Sumber :
  • AsioOne & Cleveland Clinic

VIVA – Untuk mencegah penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, setiap orang yang beraktivitas di luar rumah wajib mengenakan masker. Sayangnya, penggunaan masker sebagai alat pelindung diri dapat menyebabkan jerawat dan berbagai iritasi kulit wajah.

Tentu saja hal tersebut membuat kita menjadi tidak nyaman. Lalu bagaimana masker dapat menimbulkan jerawat?

Menurut Health, Dr Saedi menjelaskan bahwa ketila menggunakan masker dalam jangka waktu yang lama dapat menghasilkan kelembapan yang akan mengembangkan tempat berkembang biaknya jerawat.

Ditambah lagi, cuaca dapat membuat wajah siapa pun menjadi berkeringat dan berminyak, yang mempengaruhi untuk timbulnya jerawat.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Salah Cuci Masker Kain Bisa Picu Jerawat

Untungnya, salah satu tweet dari pengguna Twitter @by.flawsome memberikan beberapa tips dan trik tentang cara mengurangi risiko jerawat saat mengenakan masker seperti berikut ini yang dilansir dari laman World of Buzz

1. Kenali masker
Saat membeli masker, pastikan masker terbuat dari bahan alami, dan sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan.  Selain itu, usahakan untuk tidak memakai masker yang terlalu ketat agar Anda memiliki ruang untuk bernapas.

Selain itu, wajib mengganti masker setiap kali Anda melepasnya. Sebab ini, adalah cara penting untuk mencegah timbulnya jerawat dan mengurangi risiko terinfeksi COVID-19.

Bagi mereka yang memakai masker yang terbuat dari kain, berhati-hatilah untuk mencucinya setiap kali Anda selesai memakainya pada hari itu.  Selain itu, pilih detergen lembut bebas pewangi karena tidak terlalu keras untuk kulit.

2. Minimal make up
Dengan mengurangi jumlah penggunaan make up dapat mencegah tumbuhnya jerawat. Sebagian besar produk riasan, terutama alas bedak dan concealer, mengandung minyak.

Bahkan tanpa masker, minyak dari riasan dapat menyumbat pori-pori yang dapat meningkatkan peluang timbulnya jerawat.  Penggunaan masker tersebut saat memakai masker dapat berisiko mengembangkan jerawat.

Baca juga: 5 Tips Cegah Jerawat Akibat Pakai Masker Terlalu Lama

3. Jangan pernah melewatkan rutinitas perawatan kulit
Hindari memilih pelembab yang memiliki konsistensi kental.  Sebagai alternatif, pilih formula yang lebih lembut dan ringan agar kulit tetap lembab sepanjang hari saat mengenakan masker.

Sertakan pembersihan ganda dalam rutinitas perawatan kulit untuk pembersihan yang lebih tepat. Menurut Dermstore, pembersihan ganda adalah metode mencuci muka dua kali menngunakan pembersih berbahan dasar minyak dan air. 

Penggunaan pembersih berbahan dasar minyak harus terlebih dahulu digunakan. Karena pembersih jenis ini akan membersihkan semua riasan dan minyak di wajah.

Sedangkan pembersih berbahan dasar air yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda dapat membersihkan kotoran berbahan dasar air seperti keringat dan kotoran.

Cara ini sangat penting karena memakai masker sepanjang hari bisa membuat semua jenis kotoran mrnempel di wajah.