3 Waktu yang Direkomendasikan Ahli untuk Minum Air Putih

Ilustrasi air minum.
Sumber :
  • Pixabay/Bernd

VIVA – Minum air putih memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari menambah energi, meningkatkan imunitas, membantu proses pembersihan racun, menambah fokus, menghindari gangguan ginjal, dan masih banyak lagi.

Tidak terbatas pada kesehatan, minum air putih yang cukup juga bermanfaat untuk kulit dan kecantikan, di antaranya membuat kulit menjadi bercahaya, menjaga kelembapan kulit, mengurangi jerawat dan rambut rontok, hingga mencegah penuaan dini.

Baca Juga: Bukan 2 Liter, Ini Jumlah Air yang Harus Diminum Menurut Ahli

Dokter dan Health Influencer, dr. Alghufron, M.M.R, juga turut menyarankan konsumsi air yang cukup sebagai pemenuhan aktivitas sehari-hari. Karena menurutnya, minum air putih sangat diperlukan untuk menjaga agar tubuh tetap bisa berfungsi optimal.

"Kita sehari-hari pasti melakukan aktivitas. Nah, untuk menjaga tingkat hidrasi optimal diperlukan sama kita semua, agar tubuh kita bisa berfungsi dengan baik. Jadi, kita gak nge-blang terus gak lemes bawaannya kalau lagi ada di luar rumah," ujarnya saat webinar peluncuran VIT 8+, Air Minum dengan pH Tinggi, Jumat, 28 Agustus 2020.

Lebih lanjut, dokter Ghufron menjelaskan, asupan cairan sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Karena dua per tiga tubuh manusia, terdiri atas air, di mana cairan tersebut tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga kita membutuhkannya dari luar.

"Kalau asupan air atau cairan kita kurang, pasti aktivitas kita jadinya gak maksimal. Jadi penting banget, karena kita beraktivitas berarti ada energi yang keluar, harus kita seimbangkan dengan nutrisi yang masuk, dari makanan, vitamin dan yang paling sederhana, tapi penting banget adalah asupan cairan," lanjut dia.

Ghufron turut mengungkap, ada tiga waktu yang dianjurkan untuk mengonsumsi air putih. Kebiasaan baik ini, juga turut dilakukan oleh dia.

"Kalau saya, saya pastikan minum air itu sebelum aktivitas, saat melakukan aktivitas, dan setelah melakukan aktivitas," kata Ghufron.