Waspada, Diabetes Mulai Menyerang di Usia 18 Tahun

Ilustrasi anak muda.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Penyakit diabetes tidak bisa dianggap remeh. Jika penyakit ini tidak dapat dikontrol dengan baik, akan menimbulkan berbagai komplikasi penyakit yang dapat membahayakan nyawa penderitanya. 

Penyebab terbesar penyakit ini adalah akibat gaya hidup tidak sehat, terutama gemar mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula, yang cenderung disukai anak muda. Makanya, tidak heran jika penyakit satu ini mulai menyerang usia muda. 

Meski biasanya penyakit diabetes tipe-2 cenderung dialami usia dewasa, karena mulai menurunnya kepekaan sel-sel kita terhadap insulin. Namun, seiring berjalannya waktu, diabetes tipe-2 ditemukan mulai diderita pada usia remaja. Benarkah demikian? 

Baca juga: Bakar Daun Salam di Dalam Rumah, Hal Mengejutkan Akan Terjadi

Dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Spesialis Gizi Klinik, dr. Feni Nugraha, M.Gizi, Sp.GK, mengatakan, penyakit diabetes tipe-2 memang biasanya terjadi pada usia dewasa. Tapi, hal itu berubah akibat gaya hidup tidak sehat yang dijalani sebagian besar orang. 

"Diabetes biasanya menyerang usia 40 tahun ke atas. Tetapi seiring berjalannya waktu, kasus diabetes itu terjadi di usia yang lebih muda," ujarnya di studio tvOne, Selasa 1 September 2020. 

Lebih lanjut dokter Feni menjelaskan, data menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), menunjukkan angka kejadian diabetes mulai terjadi pada usia 18 tahun ke atas. 

Baca juga: Ed Sheeran Dikaruniai Bayi Perempuan Pertama, Beri Nama yang Unik

"Jadi, 18 tahun ke atas semakin meningkat. Dulu tahun 1980, angkanya hanya 4,7 persen, sekarang semakin meningkat menjadi 8,5 persen di tahun 2014. Dan diperkirakan akan semakin meningkat di tahun 2045," lanjut dia. 

Feni turut membeberkan alasan mengapa jumlah penderita diabetes tipe-2 semakin meningkat di usia muda. Lagi-lagi, penyebabnya adalah karena gaya hidup tidak sehat.