Viral Ikut Tantangan TikTok, Seorang Remaja Tewas Overdosis

Korban challenge di TikTok
Sumber :
  • Metro.co.uk

VIVA – Seorang siswi sekolah menengah ditemukan meninggal dunia setelah mencoba 'Tantangan Benadryl' yang berbahaya di aplikasi media sosial TikTok. Mirisnya, kematian remaja 15 tahun itu akibat overdosis obat yang dikonsumsinya agar viral.

Kejadian itu menimpa Chloe Phillips yang overdosis obat pada 21 Agustus di Oklahoma City, Oklahoma. Kisahnya menjadi berita utama awal pekan ini dan keluarganya memperingatkan orang lain untuk tidak mencoba aksi yang sangat berbahaya itu. Bibi Chloe, Janette Sissy Leasure mengatakannya dalam kiriman Facebook yang kini telah dihapus bahwa tantangan viral itu perlu dihentikan.

"Ini perlu berhenti membawa anak-anak kita atau membuat mereka masuk ke rumah sakit," tulisnya dikutip dari laman Metro.

Baca juga: Viral Janda Cantik Satu Anak Cari Jodoh di TikTok?

Benadryl adalah antihistamin yang dijual bebas yang digunakan untuk mengobati alergi. TikTokers telah mencoba untuk mengkonsumsi obat tersebut sampai menjadi tinggi (mabuk), tetapi para ahli telah memperingatkan bahwa obat itu memicu overdosis yang berpotensi mematikan.

"Jangan biarkan ini memakan waktu lagi, anak-anak. Saya tidak ingin melihat ada keluarga yang mengalami apa yang kita alami sekarang. Jangan pernah bilang ini tidak bisa terjadi padamu," kata Leasure.

Kerabat yang berduka tersebut mengatakan bahwa keponakannya adalah wanita muda yang bahagia dan cerdas dengan segala macam rencana untuk masa depannya. Ia pun memperingatkan orang tua agar mengawasi anak-anaknya.

Baca juga: Terjerat Kasus Narkoba, Video TikTok Reza Artamevia Jadi Sorotan

"Cobalah untuk selalu mengetahui apa yang dilakukan atau dilakukan anak Anda," terangnya.

'Tantangan Benadryl' melibatkan konsumsi obat yang cukup banyak, yang biasanya digunakan untuk mengobati insomnia. Namun, malah digunakan untuk berhalusinasi dan kemudian merekam diri sendiri dan diunggah ke TikTok.

Scott Schaeffer, direktur Pusat Informasi Racun dan Obat Oklahoma mengatakan kepada KFOR bahwa aksi ini dapat menyebabkan sesuatu yang berpotensi mengancam jiwa. Sebab, benadryl dalam jumlah besar dapat menyebabkan kejang dan, khususnya, masalah dengan jantung.

"(Benadryl memicu) jantung cenderung keluar dari ritme dan tidak memompa darah secara efektif," terangnya.