Mau Berat Badan Turun? Ini Waktu Terbaik Makan Pagi, Siang dan Malam

Ilustrasi makan/restoran.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kita tahu bahwa makanan yang dikonsumsi dan waktu makan berperan penting dalam menurunkan berat badan. Begitu juga dalam hal meningkatkan berat badan. Jika Kamu mengonsumsi makanan berkalori tinggi dan tidak membakar kalori tersebut dengan berolahraga, berat badan akan bertambah.

Tapi tahukah Kamu, tidak hanya apa yang dikonsumsi, tetapi waktu ketika mengonsumsi makanan juga berpengaruh pada penambahan berat badan. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan apa yang mereka makan dan kapan.

Baca Juga: Diet Rendah Lemak vs Karbo, Mana yang Ampuh Turunkan Berat Badan?

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dan menurunkan berat badan, inilah waktu yang tepat untuk sarapan, makan siang dan makan malam setiap harinya, dilansir dari laman Times of India, Kamis, 10 September 2020.

1. Sarapan

Sarapan dianggap sebagai makanan terpenting. Sebab sarapan membantu memulai metabolisme dan memberimu energi untuk berkativitas hari itu.

Idealnya untuk sarapan, seseorang harus mengonsumsi protein, karbohidrat, dan lemak.  Berbicara tentang waktu sarapan, harus ada jeda setidaknya 12 jam antara waktu makan terakhir dan waktu sarapan. Ini harus diikuti ketika seseorang ingin menurunkan berat badan.

Cara terbaik adalah mengakhiri hari Kamu adalah dengan detox water dan mengonsumsi air hangat 15 menit sebelum sarapan. Misalnya, jika Kamu makan malam pukul 20.30, Kamu harus sarapan sekitar pukul 08.30.

2. Makan siang

Waktu makan siang tampaknya berdampak paling kecil pada penurunan berat badan, meskipun merupakan porsi makan terbesar dalam sehari bagi banyak orang. Jika Kamu ingin makan sesuatu yang tidak terlalu sehat, waktu makan siang adalah waktu yang bisa dimanfaatkan untuk makan makanan tersebut. Namun, pastikan untuk mengonsumsi makanan kurang sehat hanya dalam jumlah sedikit, untuk memuaskan keinginanmu.

Jika sarapan pada pukul 08.30 pagi, Kamu harus makan siang sekitar pukul 01.00 atau 02.00 siang.  Waktu ini akan memungkinkan tubuh mencerna makanan dengan benar sebelum makan malam.

3. Makan malam

Para ahli merekomendasikan untuk makan malam sedini mungkin.  Waktu yang dianggap ideal untuk makan malam adalah 2-3 jam sebelum tidur. Waktu ini memungkinkan tubuh untuk membakar sejumlah kalori sebelum Kamu berbaring untuk tidur.

Waktu tersebut dianggap ideal, lantaran ketika makan malam kemudian langsung tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan membuatmu merasa kembung keesokan harinya. Dengan perut yang berat, Kamu tidak akan bisa tidur nyenyak, yang pada akhirnya dapat mengganggu rencana penurunan berat badan.

Jika sedang mencoba menurunkan berat badan, makan malam lah sekitar pukul 20.00. Ini akan membantu membakar kalori sebelum tidur dan juga menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali.