Temu Kunci Mampu Tingkatkan Libido Pria, Ini Cara Raciknya

Tanaman Temu Kunci
Sumber :
  • http://davesgarden.com

VIVA – Kebanyakan orang Indonesia mungkin sudah tak asing lagi dengan rempah temu kunci. Tanaman yang punya nama ilmiah Boesenbergia rotunda  berbentuk bulat panjang ini sering diolah ke dalam masakan untuk menambah cita rasa makanan. 

Namun ternyata, rempah ini juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Temu kunci mengandung minyak atsiri, damar, amilum (pati), serat kasar, protein, mineral (K, Fe, P), kurkumin, alkaloida, dan zat pahit saponin yang baik untuk kesehatan. 

Salah satu manfaat kesehatan yang terdapat pada temu kunci adalah dapat meningkatkan gairah seksual pria. Bahkan, menurut ahli herbal dr. Muthoharah M.Si dalam program Hidup Sehat di tvOne, temu kunci sering digunakan oleh pria Thailand sebagai penambah stamina.

Baca juga: Ternyata Makan Mangga Bisa Tingkatkan Libido

Temu kunci diketahui kaya akan senyawa boesenbergin, krachaizin, panduratin, dan pinostrobin yang bermanfaat sebagai peningkat libido. Selain itu, kandungan antioksidan dalam temu kunci juga baik untuk mencegah kerusakan pada testis.

"Dapat meningkatkan gairah seksual karena dapat meningkatkan kadar testosteron, sehingga libido meningkat. Kalau testosteron rendah kan kurang gairah seksual pada pria," kata Muthe dalam program tersebut. 

Lalu, bagaimana cara mengolah temu kunci sebagai penambah stamina pria? Cukup siapkan 10 gram temu kunci dan 50 gram temulawak.

Setelah itu, haluskan temu kunci dan temulawak, kemudian seduh dengan satu gelas air panas. Setelah itu tunggu hangat lalu saring dan minum.

"Konsumsinya cukup satu kali sehari, enggak boleh lebih dari 30 gram setiap hari," jelas Muthe.