Mitos! Kurma Muda Bikin Cepat Hamil dan Turunkan Berat Badan

Kurma Muda
Sumber :
  • VIVA/ Beno Junianto

VIVA – Tak banyak yang tahu, kalau kurma yang masih muda atau yang masih berwarna kuning, bisa dikonsumsi langsung. Lebih dari itu, kurma muda bahkan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Salah satu manfaatnya yang paling populer adalah, kurma muda disebut-sebut dapat meningkatkan kesuburan, sehingga dapat mempercepat kehamilan. Benarkah demikian? Kira-kita, itu mitos atau fakta ya? 

"Mitos. Karena sebenarnya sampai saat ini belum ada studi yang membuktikan dan dilakukan pada populasi manusia terkait hal tersebut," ujar spesialis gizi klinik, dr. Putri Adimukti, M.Kes, M.Farm, Sp.GK, dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Kamis 17 September 2020. 

Namun, dokter Putri turut memberikan kabar gembira. Menurut dia, kurma muda ini mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A dan C, mineral, fitonutrien, fitoestrogen, dan potensi antioksidan. 

Baca juga: Cocok Untuk Semua Ukuran Penis, Coba Gaya Seks Surgawi Ini

"Di mana semua ini, bisa memodulasi hormon-hormon yang terkait dengan proses reproduksi. Sehingga, kita harapkan bisa membantu meningkatkan kesuburan," ujar dia. 

Selain itu, banyak juga yang menganggap kalau kurma muda juga bisa membantu menurunkan berat badan. Lagi-lagi, Putri menegaskan kalau itu hanyalas mitos. Apa alasannya? 

"Karena untuk mendapatkan berat badan yang ideal, pertama dietnya harus seimbang, sehat dan cukup untuk kebutuhan dia. Yang kedua, pola aktivitasnya seperti apa, jangan sampai energi yang masuk lebih besar daripada energi yang keluar. Kemudian harus mengendalikan stres juga, banyak hal," kata dia. 

Intinya, menurut Putri, untuk menurunkan berat badan, tidak cukup hanya mengonsumsi kurma muda saja. "Tapi, kalau dijadikan camilan sehat ingin turun berat badan, boleh, cocok banget asal jangan berlebihan," tutur dokter Putri Adimukti.