Gejalanya Mirip, Pahami Beda Maag dan Batu Kantung Empedu

Ilustrasi batu empedu.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Nyeri di bagian ulu hati kerap dianggap sebagai tanda dari penyakit maag. Nyatanya, gejala tersebut bisa timbul pada penderita batu kantung empedu sehingga penanganannya pun akan berbeda.

Dikatakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Prof. Dr. dr. Ari F Syam, SpPD, gejala keduanya yang cenderung mirip ini juga sering membuat dokter salah mendiagnosis. Tak heran, penderita batu kantung empedu malah mengalami nyeri yang berulang.

"Kantung empedu ada nyeri di ulu hati. Awalnya mikir sakit maag. Akhirnya kambuh lagi berulang. Kalau cek ke dokter yang sama, dokter bisa curigai nyeri berulang itu akibat kondisi batu di kandung empedu dengan USG," tutur Prof Ari dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Jumat 18 September 2020.

Baca juga: 3 Jenis Susuk Ini Disebut Paling Ampuh Pikat Lawan Jenis

Lebih lanjut, rasa nyeri pada ulu hati diantara kedua penyakit tersebut pun sebenarnya bisa dibedakan jika diteliti lebih jauh. Sebab, nyeri di ulu hati akibat batu kantung empedu akan terasa begitu hebat.

"Batu kantung empedu bisa membuat nyeri seperti tembus ke belakang. Nyeri luar biasa," kata dia.

Sementara pada penyakit maag, nyeri tak terlalu hebat lalu akan disertai perih, kembung, hingga bengkak. Jika batu di kantung empedu tak segera ditangani, maka bisa memicu perburukan fungsi hati.

"Pada batu yang sudah banyak, bisa menyumbat saluran di kantung empedu. Kalau batu masih sedikit, bisa ditangani tanpa obat dan dengan perbaikan pola hidup. Tapi semua harus dikonsultasikan dulu," kata dia.