Kenali Tanda-tanda Penyebab Gairah Seksual Hilang,

Hubungan seks
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Seks menjadi kebutuhan dasar bagi setiap pasangan. Untuk merasakan kenikmatan dan kepuasan seksual saat melakukan hubungan seks, persetujuan dan ketertarikan adalah dua hal terpenting yang meningkatkan pengalaman seksual diantara pasangan.

Namun jika minat dan semangat pasangan dalam bercinta berkurang tentu akan membuat prosesnya menjadi monoton dan lambat laun akan menjadi pengalaman yang melelahkan. Momen itu pasti sering dialami oleh sebagian besar pasangan.

Lalu apa yang membuat gairah seks pasangan berkurang? Berikut adalah beberapa alasan di baliknya seperti dilansir dari laman Times of India. 

Baca juga: 7 Kisah Mengerikan Kecanduan Seks, dari Anak Hingga 8 Detik Sekali

1. Meningkatnya stres dan konflik dalam suatu hubungan

Stres dan ketidakstabilan kesehatan mental berperan besar dalam kehidupan seksual Anda.  Tidak hanya menghilangkan minat seksual, stres dan konflik dalam hubungan  juga menghilangkan semua kemungkinan kenikmatan seksual.

2. Kelelahan

Kelelahan membuat seseorang malas dan tidak mampu melakukan aktivitas seksual apa pun. Meskipun Anda memulai permainan seksual, tidak ada jaminan pasangan akan tertarik jika pasangan Anda kelelahan secara fisik atau mental. Perlu ada energi dan sejumlah antusiasme untuk mempertahankan diri dalam permainan seks, jika tidak, kegiatan seks itu hanya akan menjadi kewajiban saja.

3. Masalah dalam hubungan (konflik)

Apakah Anda sedang mengalami masa sulit dalam hubungan Anda?  Dan apakah menurut Anda hal itu telah memengaruhi kehidupan seks Anda juga?  Jika ya, itu berarti masalah hubungan Anda sangat memengaruhi kehidupan seksual Anda.

Mengingat fakta bahwa setiap hal kecil bisa membuat kalian bertengkar dan tidak punya waktu untuk berpacaran, wajar jika kalian berdua akan kehilangan minat satu sama lain dalam waktu singkat.

4. Ketidakseimbangan hormon

Terkadang, ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan kurangnya minat pada seks.  Ketidakseimbangan kadar estrogen, progesteron, dan testosteron dapat menyebabkan penurunan dorongan dan energi seksual, yang dapat memengaruhi kehidupan seks.

5. Seks yang menyakitkan

 Jika Anda atau pasangan, terlepas dari jenis kelamin Anda, mengalami rasa sakit di alat kelamin dan pernah mengalami pengalaman menyakitkan saat berhubungan seks di masa lalu, hal itu dapat menyebabkan hilangnya minat pada seks. Seks menuntut banyak kesenangan dan jika tidak memberikannya, kemungkinan besar Anda akan kehilangan antusiasme untuk itu.

6. Masalah harga diri atau citra tubuh rendah

 Salah satu penyebab psikologis utama yang membuat orang kehilangan minat pada seks, adalah masalah harga diri dan citra tubuh yang rendah. Seseorang mungkin terlalu cemas tentang melakukan yang terbaik atau berada dalam situasi stres untuk tampil paling cantik.

Meskipun demikian, hal ini mungkin membuat seseorang meragukan dirinya sendiri dan pada akhirnya membuat mereka kehilangan minat pada seks.