Gampang Dilakukan, Ini 3 Cara Alami Detoks Tubuh

Ilustrasi detoks alami.
Sumber :

VIVA – Di era yang semakin maju seperti sekarang, justru ‘lucunya’ gaya hidup yang dijalani banyak masyarakat malah semakin jauh dari standar sehat.

Konsumsi junkfood, alkohol, hingga kebiasaan merokok semakin menjadi hal lazim untuk dilakukan. Hal ini tentunya memiliki dampak tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Belum lagi paparan cuaca panas dan polusi udara yang berat, serta hal-hal psikis seperti stres atau cemas berlebih yang akan menumpuk toksin alias racun dalam tubuh.

Dan jika dibiarkan terus-menerus, racun dalam tubuh ini lama kelamaan dapat menyebabkan peradangan, radikal bebas dan meningkatkan keasaman (pH) dalam tubuh. 

Akibatnya, bukan tidak mungkin hal tersebut dapat mengganggu kesehatan dan memicu berbagai penyakit.

Lalu, apa yang perlu kita lakukan untuk mengurangi racun dalam tubuh?

Salah satu cara untuk mengurangi racun dalam tubuh, yaitu dengan detoksifikasi. Detoksifikasi dapat membantu proses pembersihan alami tubuh. Ada banyak cara untuk mendetoks racun dalam tubuh, namun berikut tim VIVA pilihkan 3 cara alami yang paling mudah untuk dilakukan. 

1. Yoga dan Meditasi

Yoga dan meditasi biasanya dilakukan untuk mendapatkan ketenangan diri. Namun, lebih dari itu yoga dan meditasi juga bermanfaat bagi kesehatan. Menurut berbagai penelitian, jika melakukan gerakan duduk seperti gerakan meditasi secara teratur maka akan mengurangi aktivitas gen dalam peradangan.

2. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah, adalah jenis makanan yang tepat untuk detoks. Buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk detoksifikasi yaitu Apel, Nanas, Jambu biji, Lemon, Alpukat, Delima. Sedangkan untuk sayuran Anda bisa mengonsumsi Wortel, Mentimun, Jahe, Bayam, dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga bisa ‘meramu’ jus atau smoothies dari racikan buah dan sayuran sesuai dengan resep yang dianjurkan.

3. Mengonsumsi Herbal

Selain dua hal tadi, agar proses detoksifikasi lebih maksimal, tentunya Anda juga bisa mengonsumsi herbal. Herbal detoks yang aman dikonsumsi, salah satunya adalah Kapsul JSH. Produk ini merupakan inovasi dari Sido Muncul dalam mengembangkan produk alkali dengan pH tinggi untuk detoks.

Kapsul JSH bukan karbon aktif murni, melainkan diformulasi dari ekstrak charcoal yang telah diproses secara modern sehingga larut dalam air. Kapsul JSH membantu memelihara kesehatan dengan cara menyerap toksin di saluran cerna dan membantu menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh.

Detoks merupakan salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak rentan terkena serangan virus dan bakteri, sehingga dengan mengonsumsi Kapsul JSH juga dapat membantu memelihara daya tahan tubuh di masa pandemi ini.

Menerapkan pola hidup sehat di masa pandemi adalah hal yang wajib dilakukan. Saat tubuh Anda sehat, artinya Anda bukan hanya melindungi diri, tapi juga melindungi sesama.