Benarkah Minyak Kelapa Bisa Percepat Kelahiran Bayi? Ini Kata Ahli

Minyak kelapa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Minyak kelapa atau Virgin Coconut Oil (VCO), memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Di antaranya, membantu penurunan berat badan, meningkatkan fungsi otak, memerangi infeksi bakteri di tubuh, dan masih banyak lagi. 

Sedangkan manfaatnya terkait kecantikan, minyak kelapa ini juga mampu melembapkan kulit, membuat rambut makin berkilau, dan lain-lain. Tapi, tahukah kamu kalau minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat kelahiran jika dikonsumsi secara teratur? 

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya, dr. M. Charnaen Ibrahim, Sp.OG, mengakui minyak kelapa memang bisa digunakan untuk memperlancar persalinan. 

Baca juga: Ramai Najwa Shihab Wawancara Bangku Kosong, Ini Menkes yang Mundur

"Karena minyak kelapa itu bagus sekali untuk kesehatan kita dan jantung kita juga bagus, minum itu. Jadi, saya menyarankan, tapi bukan berarti harus dikejar," ujarnya saat RSPI Live Webinar bertema Persalinan Tanpa Nyeri, yang diselenggarakan baru-baru ini. 

Lebih lanjut dokter Ibrahim menjelaskan, meski jenis minyak satu ini baik digunakan untuk membantu mempercepat kelahiran atau persalinan, tapi hendaknya dikonsumsi secukupnya saja. 

"Ketika ingin lagi minum, minum minyak kelapa bagus. Karena minyak kelapa bukan hanya melancarkan persalinan tapi menyehatkan, karena itu lemak baik," lanjut dia. 

Tapi, Ibrahim mengingatkan jangan hanya fokus pada konsumsi minyak kelapa saja untuk memperlancar proses persalinan. Tapi, harus didukung juga dengan banyak faktor lain. 

"Itu tidak bisa jadi andalan. Itu harus ada jurnal-jurnalnya lagi. Tapi, terlalu banyak faktornya untuk membuat persalinan itu lancar, dari faktor ibunya, bayinya, dari faktor kontraksinya," tutur dokter M. Charnaen Ibrahim.