Dua Penyakit Komorbid Ini Paling Rentan Terinfeksi COVID-19

Obesitas
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penyakit penyerta atau komorbid memiliki banyak jenis. Mulai dari hipertensi, diabetes, obesitas, kanker, penyakit jantung, penyakit liver, penyakit paru dan masih banyak lagi. 

Namun, dari sekian kondisi tersebut ternyata ada urutan penyakit yang paling rentan atau berisiko terinfeksi virus corona atau COVID-19 dan perberatan kondisi penyakitnya. Lalu, apa saja penyakit komorbid yang dimaksud? 

"Jadi sekarang ini, faktor risiko yang mudah terkena COVID-19 dan perberatan, nomor satu adalah hipertensi. Yang kedua, ternyata adalah obesitas," ujar Associate Professor Departemen Ilmu Kedokteran Dasar Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Dr. Gaga Irawan Nugraha, dr., SpGK., MGizi, saat konferensi pers virtual di YouTube BNPB Indonesia, belum lama ini.

Baca juga: Amankah ke Dokter Gigi di Masa Pandemi?

Dokter Gaga menjelaskan beberapa alasannya, pertama, orang obesitas memiliki lemak yang lebih besar pembukaannya, sehingga reseptor untuk menempel virus tersebut lebih banyak dan luas. 

"Sehingga orang obesitas lebih mudah terkena, lebih mudah mengalami perberatan setelah terkena COVID-19," lanjut dia. 

Alasan kedua adalah, orang obesitas lemaknya ada di mana-mana. Jantungnya pun lebih banyak lemak, baik di bagian kiri, kanan, depan, dan belakang, begitu juga di perutnya. Lalu, apa pengaruhnya? 

"Ketika terinfeksi COVID-19 dan kemudian dia sulit bernapas, kesulitan bernapasnya bertambah, retriksi parunya menjadi makin kecil, karena depan, belakang, kiri, kanan, termasuk jantungnya tertekan oleh lemak," kata dia. 

Sedangkan alasan ketiga mengapa penderita obesitas lebih mudah terkena COVID-19 dan penyakit perberatannya adalah, mereka memiliki kelainan imunitas

"Hal ini menyebabkan dia lebih mudah terkena COVID-19, dan setelah terkena lebih mudah mengalami perberatan karena obesitasnya itu," tutur dokter Gaga Irawan.