Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

11 Jenis Masker Ini Dinilai Efektif Cegah Penularan Virus Corona

Jumat, 2 Oktober 2020 | 05:00 WIB
Foto :
  • Freepik/freepik
Ilustrasi virus corona/COVID-19/masker.

VIVA – Masker merupakan cara paling efektif dalam mencegah penularan COVID-19. Terbukti, sebesar 95 persen masker mampu melindungi mulut dan hidung yang menjadi sumber masuk virus corona jenis baru itu.

Meski begitu, masker saat ini ditawarkan dalam jenis yang sangat beragam. Lantas, apa saja masker yang efektif dalam mencegah penularan virus corona tersebut? Berikut ulasannya dikutip dari laman Times of India.

Baca Juga

Masker N95

Penelitian Duke, seperti beberapa penelitian lainnya, menemukan bahwa masker N95 yang dipasang paling efektif dalam memblokir tetesan, kurang dari 0,1 persen tetesan ditransmisikan melalui masker. Ini adalah masker yang direkomendasikan untuk petugas kesehatan yang memiliki paparan terbesar terhadap virus corona.

Bedah

Biasanya masker bedah sekali pakai tiga lapis dimaksudkan untuk mencegah pemakainya menyebarkan infeksi dan tidak sepenuhnya melindungi pemakainya dari menghirup partikel infeksi karena ukurannya relatif longgar dibandingkan dengan N953.

Baca Juga: Ahli Ungkap Alasan Masker Scuba Tak Efektif Tangkal Corona

Polipropilen kapas tiga lapis

Masker kombinasi kapas polipropilena terdiri dari tiga lapisan, dua kapas dan satu polipropilen di antaranya. Polypropylene adalah bahan mirip plastik yang berfungsi sebagai filter. Ini mampu menahan muatan elektrostatis, yang membantu menangkap tetesan baik di luar maupun di dalam topeng.

Masker polipropilen dua lapis

Berbeda dengan masker kombinasi kapas, masker polipropilena adalah masker dua lapis yang dibuat dengan bahan sintetis. Menambahkan lapisan propilen ke masker kapas ditemukan oleh sebuah penelitian untuk meningkatkan efektivitasnya sebesar 35 persen

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler