Vaksin COVID-19 dari Oxford Siap Akhir Tahun Ini?

Ilustrasi vaksin
Sumber :
  • Pixabay/pearson0612

VIVA – Kandidat vaksin virus corona yang diuji coba oleh para ilmuwan Universitas Oxford bekerja sama dengan raksasa farmasi AstraZeneca dikabarkan siap diluncurkan akhir tahun ini. Vaksin tersebut diketahui telah mendapatkan izin dari pihak regulator sebelum perayaan Natal tahun ini. 

Menurut laporan surat kabar 'The Times', mengutip sumber seorang sumber di pemerintah Inggris yang terlibat dalam pembuatan dan distribusi vaksin, mengatakan bahwa program peluncuran vaksin lengkap untuk orang dewasa bisa memakan waktu enam bulan atau kurang setelah disetujui.

"Kami melihat hampir enam bulan dan kemungkinan akan jauh lebih pendek dari itu," kata sumber pemerintah itu seperti dilansir dari laman Times of India

Baca juga: Tak Kalah Bahaya, TBC Perlu Penanganan Serius di Tengah Pandemi

Di bawah protokol yang dikembangkan oleh Komite Bersama Vaksinasi dan Imunisasi Inggris, setiap vaksin yang disetujui kemudian akan diberikan kepada mereka yang berusia di atas 65 tahun, diikuti oleh orang dewasa dengan risiko lebih tinggi.

Selain itu juga yang dapat mencakup mereka yang berasal dari etnis minoritas serta mereka yang memiliki masalah kesehatan serius. Kemudian disusul oleh orang yang berusia di atas 50 tahun dan dilanjutkan dengan orang dewasa muda di belakang antrean.

Di sisi lain, pemerintah Inggris telah memesan 100 juta dosis vaksin Oxford setelah siap untuk diluncurkan dan dosis tersebut diproduksi sebelum terbukti berhasil untuk menghemat waktu setelah menyelesaikan semua tahap regulasi.

Baca juga: Kerja Tak Kenal Waktu, Raffi Ahmad Akui Enggak Takut Meninggal

Menurut laporan surat kabar tersebut, para ilmuwan dalam uji coba tersebut berharap bahwa mereka akan mendapatkan hasil sebelum akhir tahun ini, dan setidaknya akan menunjukkan bahwa hal itu mencegah 50 persen infeksi, atau di ambang batas untuk sukses.

Jika disetujui oleh regulator, National Health Service (NHS) Inggris dikatakan berada dalam posisi untuk segera memulai vaksinasi massal. Namun, ada orang lain di dalam pemerintah Inggris yang lebih berhati-hati mengenai jadwal vaksinasi karena memvaksinasi setiap orang dewasa adalah tantangan besar.  

Sebuah laporan Royal Society minggu ini, yang ditulis bersama oleh seorang ilmuwan asal India, memperingatkan tentang tugas berat ke depan dalam memproduksi dan mendistribusikan vaksin.

"Bahkan ketika vaksin tersedia, itu tidak berarti dalam sebulan semua orang akan divaksinasi. Kami berbicara tentang enam hingga sembilan bulan hingga satu tahun setelah vaksin disetujui," kata Kepala Teknik Kimia di Imperial Perguruan Tinggi London, Profesor Nilay Shah. 

Laporan tersebut menyerukan agar kriteria prioritas vaksin "didefinisikan dan dibuat eksplisit" dan kemudian "dialog publik dan keterlibatan untuk mengelola harapan dan pemahaman tentang efektivitas, keamanan, efek samping, ketersediaan, dan akses vaksin".

Departemen Kesehatan pemerintah Inggris berusaha meremehkan temuan tersebut dan menekankan bahwa proses perencanaannya akan memastikan peluncuran yang cepat.

"Studi ini gagal untuk mencerminkan sejumlah besar perencanaan dan persiapan yang telah dilakukan di seluruh pemerintah untuk segera meluncurkan vaksin COVID-19 yang aman dan efektif," kata juru bicara departemen kesehatan. 

Dia melanjutkan, "Kami yakin kami memiliki penyediaan atau transportasi yang memadai, APD [alat pelindung diri] dan keahlian logistik untuk menyebarkan vaksin COVID-19 di seluruh negeri secepat mungkin," kata juru bicara itu.