Manfaat Jahe-Kunyit, Antivirus Hingga Tingkatkan Imunitas

Jahe
Sumber :
  • Pixabay/ congerdesign

VIVA – Beberapa rimpang atau rempah-rempah yang sudah tersedia di rumah, memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Dua di antaranya yang sangat terkenal adalah jahe dan kunyit

Keduanya diketahui memiliki banyak kandungan menyehatkan, yang bisa mencegah hingga membantu mengatasi berbagai keluhan terkait kesehatan. 

Ahli herbal, dr. Muthaharrah, M.Si, turut mengungkap berbagai manfaat sehat yang terkandung pada jahe. Terutama, kandungan gingerol yang bisa mengatasi berbagai keluhan. 

"Kandungan jahe itu gingerol. Pertama memberikan rasa hangat, menghilangkan kembung, memperbaiki metabolisme pada tubuh, sehingga imunitas juga bisa meningkat," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Rabu 7 Oktober 2020.

Baca juga: Ahli Sebut Wedang Jahe Ampuh Jaga Imunitas Tubuh

Lebih lanjut, Muthaharrah menjelaskan, selain manfaat di atas, jahe juga bisa memperbaiki saluran pencernaan. Di mana pencernaan menjadi kunci utama untuk meningkatkan imunitas. 

"Kuncinya imunitas itu adanya di pencernaan. Karena banyak bakteri baik di pencernaan kita yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh," lanjut dia. 

Menurut Muthaharrah, jahe juga aman dikonsumsi setiap hari dan sudah terbukti aman tanpa efek samping, asal tidak dikonsumsi berlebihan. Lalu, berapa batas konsumsi jahe yang direkomendasikan? 

"Konsumsi yang dianjurkan hanya sekitar 50 gram, tidak boleh lebih dari itu sehari. Cara konsumsinya dibersihkan, dicuci, kemudian dipotong-potong, lalu diseduh dengan air panas juga bisa, atau diparut boleh," terang dia.

Selain jahe, Muthaharrah mengatakan kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan imunitas, yang sangat dibutuhkam selama masa pandemi virus corona atau COVID-19 ini. 

"Kunyit juga bisa untuk meningkatkan imunitas. Dia memiliki potensi sebagai antivirus juga antibakteri," tutup dokter Muthaharrah.