#TanyaDokter: Jangan Pencet Bentolan Kecil Sampai Keluar Putih-putih

dr. Jonathan Subekti, Sp.KK, B.Med.Sc
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – Kulit wajah yang dipunuhi dengan bentolan kecil seringkali menganggu penampilan kamu. Gak jarang juga, seseorang yang mengalami masalah kulit ini geregetan untuk memencet hingga keluar butiran putih.

Jika kamu pernah mengalami hal ini, ada baiknya jangan asal memencet. Agar kulit tak makin rusak, yuk simak tips bagaimana cara mengatasi bentolan kecil yang jika dipencet keluar butiran putih. 

Bersama Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, dr. Jonathan Subekti, Sp.KK, B.Med.Sc, rubrik #TanyaDokter kali ini membahas seputar masalah kesehatan kulit.

Baca Juga: #TanyaDokter: Bagaimana Tips Mudah Hilangkan Jerawat?

Salah satu pertanyaan yang terpilih untuk dijawab adalah soal bagaimana cara menghilangklan bentolan kecil yang jika dipencet keluar putih-putih. Yuk simak jawabannya dari dr Jonathan berikut ini.

Jawab:

Ini biasanya kita sebut milia. Jadi memang ada sumbatan kelenjar dimana di dalamnya itu ada zat berwarna putih, jadi ketika kita pencet akan mengeluarkan isinya. 

Untuk mengeluarkan milia kita bisa melakukan beberapa cara, bisa menggunakan jarum, tapi sebaiknya hal ini dikerjakan oleh dokter spesialis. Jadi jika dikerjakan di rumah sendiri ini akan berbahaya, karena ada kulit yang terbuka hingga berisiko menyebabkan kuman masuk dan menyebabkan infeksi. Dan jika ditekan terlalu keras malah bisa menimbulkan bekas luka yang akan sulit hilang.