#TanyaDokter: Timbul Jerawat Setelah Pakai Masker Gimana Mengatasinya?

RSPI - dr. Umi Rinasari, MARS, Sp. KK, FINSDV
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA â€“Punya masalah timbul jerawat setelah menggunakan masker selama pandemi COVID-19? Ternyata, hal ini banyak dikeluhkan orang. Tentu menutup jerawat dengan masker akan terasa tak nyaman.

Lewat rubrik #TanyaDokter kali ini, masalah yang dibahas seputar masalah kesehatan kulit. Bersama dr Umi Rinasari, MARS, Sp.KK FINSDV dari RSPI, yuk simak info seputar solusi cara mengatasi jerawat akibat penggunaaan masker. 

Tanya: Timbul jerawat saat pakai masker gimana solusinya?

Jawab: Selama pandemi kita harus menggunakan masker untuk melaksanakan protokol kesehatan, tapi seringkali timbul acne di daerah sekitar penggunaan masker. 

Acne ini terjadi karena gesekan atau friksi karena penggunaan masker. Untuk mencegah timbulnya acne akan lebih baik pilih bahan masker dari kain katun, karena bahan katun itu sangat aman bagi kulit dan juga untuk terhindar alergi pada kulit. 

Solusi
Kalau kita memiliki acne setelah pakai masker, cara mengatasinya,  pertama pilih masker aman untuk kulit yaitu masker berbahan katun, dan jangan menggunakan tisu di dalam masker sendiri. Tapi, lebih memilih masker berbahan katun.

Kemudian rajin mencuci wajah dengan menggunakan sabun dan kalau perlu oleskan atau memakai skincare yang bisa melindungi kulit dari jerawat, skincare ini biasanya dijual bebas. Pilih yang mengandung benzoat perokside atau acid salycyl.